Sinergi Indonesia – Malaysia Melalui Top Leader Meeting APERTI dan GLU

  • Comments: 0
  • Posted by: Humas

APERTI BUMN x GLU Malaysia

APERTI BUMN atau Aliansi Perguruan Tinggi di bawah BUMN (Indonesia) dan GLU atau Government- Linked Universities (Malaysia) mengadakan meeting yang bertajuk “Top Leaders Meeting APERTI dan GLU”. Acara tersebut berlangsung di Hotel Pullman, Legian Bali pada Selasa, 17 Januari 2023. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan antara Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim dengan Presiden Indonesia Joko Widodo beberapa waktu yang lalu di Istana Negara, Bogor.

Acara tersebut dihadiri oleh Pimpinan dari perguruan tinggi yang tergabung dalam APERTI BUMN, yaitu Prof. Dr. Adiwijaya Ketua Aperti BUMN sekaligus Rektor Telkom University; Prof. Dr. Ir. Iwa Garniwa M.K., M.T. Wakil Ketua Aperti BUMN sekaligus Rektor Institut Teknologi PLN; Prof. Dr. I Gusti Nyoman Wiraatmadja Puja Ketua Bidang Riset & Inovasi Aperti BUMN sekaligus Rektor Universitas Pertamina; Dr. Ir. Agus Purnomo, M.T. Ketua Bidang Pembelajaran Aperti BUMN sekaligus Rektor Universitas Logistik dan Bisnis Internasional; Dr. Ir. Agus Achmad Suhendra, M.T. Ketua Bidang Industrial Linkage & Internasionalisasi Aperti BUMN sekaligus Rektor Institut Teknologi Telkom Jakarta; Dr. Tri Arief Sardjono – Ketua Bidang Kemahasiswaan Aperti BUMN sekaligus Rektor Institut Teknologi Telkom Surabaya; Prof. Dr. Ing. Ir. Herman Sasongko Rektor Universitas Internasional Semen Indonesia yang diwakili oleh Prof. Dr. Fahimah Martak, M.Si., Wakil Rektor Bidang I Tridharma; Dr. Arfianto Fahmi, S.T., M.T. – Rektor Institut Teknologi Telkom Purwokerto; Dr. Ir. Gatot Kustyadji, S.E., M.Si. Direktur Politeknik Semen Indonesia; Dr. Anisah Firli – Direktur Eksekutif Aperti BUMN.

APERTI BUMN x GLU MalaysiaSementara itu, pihak yang hadir dari GLU adalah Prof. Dato’ Dr. Mazliham Mohd Su’ud, Pengerusi GLU sekaligus Presiden Multimedia University (MMU); Prof. Ir. Dr. Noor Azuan Abu Osman, Timbalan Pengerusi GLU sekaligus Naib Canselor Universiti Tenaga Nasional (UNITEN); Prof. Ts. Dr. Mohamed Ibrahim Abdul Mutalib Timbalan Pengerusi 2 GLU sekaligus Naib Canselor Universiti Teknologi Petronas (UTP) dan Prof. Madya Ir. Dr. Azman Senin Timbalan Presiden Universiti Kuala Lumpur (UniKL).

Baca juga Kerja sama ITPLN dengan UNITEN

Sebelumnya, kerja sama antara APERTI BUMN dengan GLU Malaysia sudah terjalin sejak tahun 2017, dalam acara ini juga terdapat agenda penandatanganan MoU untuk memperbarui dokumen kerja sama antara APERTI BUMN dengan GLU Malaysia.

Pembahasan dalam acara ini meliputi kerjasama-kerjasama dalam dunia akademik yang melibatkan mahasiswa maupun dosen, seperti misalnya pertukaran mahasiswa, penelitian bersama, kolaborasi pengabdian pada masyarakat, penyelenggaraan conference yang rencananya akan diadakan di Lombok Nusa Tenggara Barat, dan magang bersama. Dan pembahasan mengenai kebijakan dari masing-masing negara untuk mendukung program-program kerja sama ini.

Prof. Adi selaku ketua APERTI BUMN menyampaikan harapannya bahwa kerja sama yang terjalin tidak hanya membawa manfaat antara Perguruan Tinggi, tetapi juga antara Indonesia dengan Malaysia. Begitupun juga dengan Prof. Dato’ Dr. Mazliham Mohd Su’ud yang mengatakan bahwa diharapkan pertemuan ini dapat menumbuhkan kerjasama-kerjasama baru dalam bidang lainnya, sehingga antara perguruan tinggi dapat lebih terhubung atau semakin kuat kolaborasinya.

Semoga dengan adanya acara ini dapat membawa manfaat bagi APERTI serta GLU dan tentunya Indonesia serta Malaysia.

Author: Humas