ITPLN Bekerja sama dengan VESC Jerman Mengenai Teknologi Superkonduktor

  • Comments: 0
  • Posted by: Humas

Penandatanganan MoU ITPLN dengan VESC GermanPenandatanganan MoU ITPLN dengan VESC GermanPenandatanganan MoU ITPLN dengan VESC German

Sebagai bentuk dari upaya realisasi Visi dan Misi yaitu untuk menjadi Perguruan Tinggi yang Modern, Mandiri, Unggul, dan Internasional, ITPLN bekerja sama dengan Vision Electric Super Conductor (VESC GmbH), perusahaan superkonduktor yang berbasis di Jerman. Kerja sama tersebut mencakup tentang pelaksanaan “Research, Implementation and Capacity Building of Superconductor Technology”, penandatanganan MoU kerja sama tersebut telah dilaksanakan pada Jumat, 7 Oktober 2022 pukul 14.00 WIB dan dilakukan secara luring dan daring.

Acara tersebut dihadiri oleh Prof. Dr. Ir. Iwa Garniwa M K, MT selaku Rektor ITPLN beserta jajaran Pimpinan, Manajer Bagian terkait, serta Dekan dan Kepala Prodi. Kemudian turut hadir Dr. Wolfgang Reiser selaku CEO dari VESC yang hadir secara daring serta Bapak Freddy Siahaan selaku Direktur VESC yang hadir secara langsung, Bapak Dr. Zainal Arifin selaku Executive Vice President, Engineering & Technology PT PLN (Persero) sekaligus Dosen IT PLN, dan Bapak Dr. Ali Herman Ibrahim selaku Senior Advisor to Indonesia Electricity Society sekaligus Dosen IT PLN.

Sesi pertama pada acara ini, diawali dengan Kata Sambutan dari Rektor ITPLN Prof. Dr. Ir Iwa Garniwa M K, MT. Kemudian dilanjutkan dengan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara ITPLN dengan Vision Electric Super Conductors (VESC).

Sambutan-sambutan

Pada sesi sambutannya, Prof. Iwa Garniwa menyampaikan terima kasih kepada VESC yang telah bersedia menjalin kerja sama dengan ITPLN meskipun dengan jarak yang jauh dan dilaksanakan secara hybrid. “ITPLN dengan sangat terbuka melaksanakan kerja sama internasional yang dalam hal ini merupakan diskusi mengenai potensi untuk kelistrikan masa depan di indonesia.” Ucap Prof. Iwa dalam sambutannya.

Disisi lain CEO VESC, Dr. Wolfgang, menyampaikan sangat mengapresiasi kerja sama ini, sebagai langkah besar dalam energi masa depan yang ramah lingkungan, dan beliau juga mengucapkan rasa terima kasih atas kerja sama ini serta penyambutan yang baik.

Sesi Soft Launching (G-TechSC)

Acara kemudian dilanjutkan dengan sesi Soft Launching Green Energy Technology Study Center (G-TechSC), sebuah pusat Studi di IT-PLN dibawah prodi magister teknik elektro yang mengkaji berbagai aspek keilmuan dan penerapan terkait green energy. Soft launching tersebut diresmikan secara langsung oleh Rektor IT-PLN Prof. Dr. Ir Iwa Garniwa M K, MT. Sebagai ketua G-TechSC adalah Bapak Dr. Ali Herman Ibrahim.

Pada sesi kedua, sebagai langkah awal dan tindak lanjut penandatanganan MoU tersebut, ITPLN bersama VESC langsung mengadakan Webinar International Series yang membahas tentang Teknologi Superkonduktor dan implementasinya dalam dunia industri, khususnya dalam bidang ketenagalistrikan, selain itu juga dijelaskan langkah-langkah bagaimana sebuah teknologi dapat digunakan oleh sebuah industri. Pemateri dalam acara webinar tersebut adalah Mr. Wolfgang Reiser dan Bapak Dr. Zainal Arifin.

Dengan dilaksanakanya Kerja Sama dan Webinar Internasional di bidang energi dan ketenagalistrikan ini, semoga menjadi kerja sama yang aktif dan dapat membawa perubahan dalam bidang energi yang ramah lingkungan.

Author: Humas