Idea Generation Tingkatkan Kuantitas & Kualitas PKM Dikti 2023

  • Comments: 0
  • Posted by: Humas

Creativity Competition ITPLN

Setelah penyelenggarakan sosialisasi Creativity Competition 2022 yang dilaksanakan pada tanggal 7 November 2022 kegiatan dilanjutkan dengan acara Ide Generation yang merupakan tahapan pengumpulan ide-ide kreatif mahasiswa yang akan dikembangkan menjadi usulan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) DIKTI RISTEK tahun 2023. Kegiatan ini diprakarsai oleh Bagian Kegiatan Mahasiswa dan Konseling (BKMK) dengan mengangkat tema “Menuju 100 Ide Cemerlang”.

Rangkaian acara Idea Generation ini terdiri dari kegiatan Pelatihan Brainstorming dan Ide Generation (pengumpulan ide). Kegiatan brainstorming sendiri dilaksanakan dalam 2 (dua) sesi yaitu sesi 1 dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 15 November 2022 jam 10.00 – 12.00 WIB yang diikuti oleh 70 peserta yang terdiri dari peserta laki-laki sebanyak 38 peserta dan perempuan sebanyak 32 peserta.

Dalam sesi ini ITPLN mengundang narasumber internal Efy Yosrita, S.Si., M.Kom yang merupakan Dosen Teknik Informatika. Beliau merupakan salah satu dosen yang sangat mendukung kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa yang dilaksanakan setiap tahun. “Saya lihat pada saat sosialisasi, kegiatan ini sangat di dukung oleh Bapak Rektor dan Bapak Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan, sehingga saya sebagai dosen perlu memberikan dukungan dengan memberikan motivasi dan dorongan kepada mahasiswa” ujar Efy.

Pada sesi ini, narasumber didampingi oleh Rahmad Arizki sebagai moderator yang merupakan mahasiswa Teknik Sipil angkatan 2019. Rahmad merupakan salah satu peserta Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) DIKTI RISTEK tahun 2022 yang memperoleh pendanaan. Dalam pelatihan ini, narasumber mengajak peserta mahasiswa untuk menggali ide dari kebiasaan yang sering dilakukan oleh mahasiswa setiap hari, sehingga mahasiswa antusias untuk memberikan ide-ide yang kemungkinan besar memiliki potensi untuk dikembangkan.

Sesi Lain Idea Generation

Selain sesi satu ini, pelatihan dilaksanakan pada sesi 2 yang dilaksnakan pada hari Kamis tanggal 17 November 2022 jam 10.00 – 12.00 WIB yang diikuti oleh 48 peserta mahasiswa terdiri dari 31 peserta laki-laki dan 17 perempuan. Narasumber pada sesi ini adalah Rizki Pramata Putera, S.T., M.T yang merupakan dosen Teknik Elektro. Beliau merupakan dosen pembimbing Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) DIKTI RISTEK yang lolos pendanaan. Selain itu yang bertindak sebagai moderator dalam sesi ini adalah Anisa Fujianti Loleh, beliau merupakan psikolog Institut Teknologi PLN.

Pada sesi ini, Narasumber mengajak peserta mahasiswa untuk menggali ide dari beberapa contoh kasus yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari serta memberikan gambaran ide yang memiliki banyak peluang lolos untuk di danai oleh DIKTI. “Tahun-tahun sebelumnya belum pernah diadakan pelatihan penggalian ide seperti ini, dan tahun ini BKMK menyelenggarakan, maka ini adalah kesempatan bagus untuk teman-teman mahasiswa dalam menemukan ide-ide kreatif yang dapat diangkat untuk usulan PKM” ujar Rizki.

“Selama mengikuti pelatihan brainstroming kemarin banyak banget ilmu dan pengalaman yang di share oleh pemateri hebat yang berkompeten di bidangnya mulai dari pengenalan PKM itu sendiri dan bagaimana cara kita menyalurkan ide kreatif kita dengan berkomunikasi dua arah kita benar benar di latih untuk memunculkan ide kreatif” pungkas Qori’ salah satu mahasiswa yang menjadi peserta dalam pelatihan ini.

Selain pelatihan brainstorming, BKMK ITPLN juga menyelenggaran Idea Generation yaitu tahapan pengumpulan ide-ide mahasiswa yang telah diperoleh pada saat pelatihan brainstorming berlangsung. Sampai saat ini ide yang terkumpul sudah lebih dari 20 ide Cemerlang yang kemungkinan memiliki potensi besar untuk dikembangkan.

Semoga ITPLN dapat mendelegasikan lebih banyak usulan PKM dari tahun sebelumnya.

Salam kreativitas

Author: Humas