ITPLN MERAIH PENGHARGAAN DALAM ACARA VIRTUAL EXHIBITION PJB CONNECT 2021

  • Comments: 0
  • Posted by: Humas


Dalam rangka Hari Listrik Nasional ke-76, PT Pembangkitan Jawa Bali menggelar pameran dan konferensi ketenagalistrikan terbesar di Indonesia secara daring atau virtual exhibition. Pada tahun 2021, PJB Connect mengusung tema “Go To Market”. Institut Teknologi PLN berkesempatan untuk memeriahkan acara yang berlangsung pada 22 – 29 Oktober 2021 tersebut. Bahkan pada acara tersebut, ITPLN mendapatkan penghargaan sebagai salah satu “the most visited and most informative booths”.

ITPLN menampilkan beragam Inovasi Mahasiswa yang terdiri dari: Robot Sumo dengan nama King Zeus yang menggunakan teknologi berupa mikrokontroler Arduino serta penggunaan komponen elektronika seperti motor DC hingga sensor-sensor yang dirancang sedemikian rupa sehingga dapat bergerak dengan pengaturan joystick sebagai remote control dan bergerak otomatis berdasarkan pembacaan sensor, GATSU (Gerobak Dagang Tenaga Surya) yang diperuntukan untuk membuat perdagangan di daerah yang memiliki akses listrik PLN terbatas jagar lebih efisien, diperlukan suatu alat yang menggunakan energi cahaya matahari sebagai sumber tenaga listrik, Robot SAR Lighspeed Rescue yang merupakan robot dengan kemampuan dapat memadamkan api, melewati beragam rintangan dan melakukan evakuasi korban.

Selain itu ITPLN juga menampilkan video Pemasangan PLTS di Perahu Boot Marunda Jakarta Utara, video Implementasi Penggunaan Motor Brushless Direct Current (BLDC) dan Penggunaan PV Solar Untuk Penggerak Utama Kendaraan Listrik Roda 2 dan Roda 3 dari Tim Pusat Penelitian dan Pengembangan Kendaraan Listrik (P3KL), video ITCC ITPLN untuk pelatihan sertifikasi Microsoft dan video Implementasi Waste to Energy di PLN UIW Bangka Belitung.

ITPLN juga menampilkan video Inovasi mahasiswa yang sudah di lombakan pada acara Gemastik seperti Wireless Sensor Network Untuk Smart Watering System Pada Pertanian 4.0 Menggunakan Algoritma LVQ, Blind Vision Wrist yang merupakan alat pendeteksi kesahatan tunanetra berbasis IOT, GABATAR (Gantungan Baju Pintar) dengan System Solar Panel dan Drink Refill Machine.

Selain inovasi-inovasi di atas, ITPLN juga mengadakan Webinar Faculty Series yang menghadirkan pembicara dari masing-masing fakultas yang ada di ITPLN dengan materi-materi menarik dan tentu saja up-to date. Pembicara dari dari FTBE adalah Bapak Hendri, ST., MT; FKET Bapak Dr. Zainal Arifin; FTIK Bapak Ir. Sriyono D Siswoyo, M.Eng.Sc; FTEN Bapak M Yoga Distra, ST., MTI.
Acara PJB Connect diikuti oleh puluhan eksibitor yang bergerak dalam bidang ketenagalistrikan.

Kedepannya semoga ITPLN semakin banyak menghasilkan inovasi di bidang kelistrikan dan teknologi.

Author: Humas