PIMPINAN INSTITUT TEKNOLOGI PLN

Prof. Dr. Ir Iwa Garniwa M K, MT

Rektor

Adalah Guru Besar Fakultas Teknik Universitas Indonesia, yang lahir pada tanggal 07 Mei 1961 di Bandung. Masuk Fakultas Teknik UI, Jurusan Elektro bidang studi Tenaga Listrik tahun 1981. Iwa Garniwa memulai karirnya sebagai Engineer di salah satu perusahaan manufaktur di Bogor lalu beliau menempuh studi S2 dan S3 di Universitas yang sama.

Tahun 1989 hingga saat ini beliau sebagai staff pengajar di Departemen Elektro FTUI. Iwa Garniwa berkesempatan kursus jangka pendek High Voltage Eng di Cardiff University, Inggris dan diberi kesempatan untuk mengikuti Training “Electricity Conservation in Commercial and domestic sub sector organization experience” Bank Dunia. Tak hanya itu, sebelum beliau menjabat sebagai Rektor Institut Teknologi PLN, hingga saat ini beliau diberikan kepercayaan sebagai Ketua Electrical Power and Energy Studies (EPES), Anggota Panitia Akreditasi Ketenagalistrikan (PAK) DJK ESDM, dan pada tahun 2008 s.d 2013 beliau pernah menjabat sebagai Direktur Pengkajian Energi Universitas Indonesia.

Iwa Garniwa merupakan Anggota dari Dewan Riset Nasional Komisi Teknik Energi, Anggota Komite Keandalan Sistem Tenaga Listrik Direktorat Jenderal Listrik dan Pemanfaatan Energi ESDM. Beliau juga sebagai Dewan Pakar Masyarakat Ketenagalistrikan Indonesia (MKI), Technical Working Group (TWG) Motor Listrik BRESL, Technical Working Group (TWG) Expert Regional Project Management Unit (RPMU) BRESL, Anggota PJCI, dan Dewan Pakar PII.

Selain Aktif dan berpengalaman dibidang akademisi dan praktisi, hingga saat ini beliau juga aktif sebagai Nara Sumber di berbagai Event terkait Energi dan Ketenagalistrikan.

Dipl.-Ing. Iwan Tutuka Pambudi, M.Eng., Ph.D

Wakil Rektor I Bidang Akademik

Iwan Tutuka Pambudi received his PhD in Graduate School for Mechatronics and Precision Engineering from Tohoku University, Japan in 2004. He was born in Jakarta, and was a researcher at the Agency for Assessment and Application of Technology (BPPT) for 20 years, then he joined Astra International in Automotive Manufacturing Industry Group for 12 years and retired in 2020.

After retiring from the manufacturing industry, Iwan became an expert consultant at the Director General of Vocational Education, Ministry of Education, Culture, Research and Technology and the other side he became a lecturer at the Master Program in Manufacturing Technology at the University of Jendral Achmad Yani (Unjani) in Bandung/Cimahi until March 2022. Now Iwan is Vice Rector for Academic Affairs at ITPLN since April 2022.

As a researcher and academics, Iwan has been a reviewer in International Journals, namely Rural and Remote Health, his research has also been published in International Journals, namely Technology and Health Care, International Journal of Health Care Engineering. In addition, his research has also been published in the National Journal in Indonesia and Japan, as well as at the International Conference in Indonesia, Japan, Singapore, Taiwan, Australia, Mexico respectively.

“If you hear a voice within you say ‘you cannot paint’, then by all means paint, and that voice will be silenced.” [Vincent Van Gogh]

Kuswowo, S.E., M.M., M.Ak.

Wakil Rektor II Bidang Sumber Daya Manusia & Keuangan

Lahir di Madiun, 5 Juni 1961 menyelesaikan S2 dibidang Keuangan dan Akuntansi pada Universitas Budi Luhur Jakarta, berkarier selama 33 tahun di PT PLN ( Persero ).

Setelah menyelesaikan Sarjana bidang Manajemen bergabung di Proyek PLTU Tambak Lorok PT Indonesia Power, sejak tahun 1984 sd tahun 1995 selanjutnya pada tahun 1995 sd tahun 2000 menerima penugasan ke PLN Wilayah Maluku & Maluku Utara di Ambon untuk menjadi Kepala Seksi Akuntansi.

Pada Tahun 2001 sd 2003 menerima penugasan di PLN Wilayah Sumatera Barat & Riau untuk mengemban tugas sebagai Kepala Bagian Akuntansi, selanjutnya ditempatkan di PLN Distribusi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta tahun 2003 sd tahun 2006 Ditugaskan sebagai Manajer Senior Bidang Keuangan di PT PLN ( Persero ) Wilayah Sumatera Barat di Padang pada tahun 2006 sd tahun 2008 Vice President Pengendalian Anggaran PT PLN ( Persero ) Kantor Pusat pada tahun 2009 sampai dengan tahun 2015 Selanjutnya penugasan dan berkarier di PT Indonesia Comnet Plus tahun 2015 sampai tahun 2019 sebagai Direktur Keuangan dan Sumber Daya Manusia.

“Jika Kamu tidak menyerah, kamu masih memiliki kesempatan, menyerah adalah kegagalan terbesar. Jangan pernah menyerah, walaupun hari ini sulit, tapi besok akan ada kesempatan”

Ir. Ishvandono Yunaini A, M.M.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan & Fasilitas

Praktisi dibidang energi khususnya energi listrik, dengan Pendidikan formal strata 2 dan pendidikan non formal dibidang energi, khususnya energi kelistrikan bidang pembangkit tenaga listrik diantaranya yang dilaksanakan di UK, oleh by British Electricity International Ltd. Pendidikan non formal lainnya terkait dengan management asset yang diselenggarakan di USA.

Berkarir di PT PLN (persero) sejak tahun 1985 dibidang Distribusi, Transmisi dan Pembangkit dengan waktu terlama berkarir dibidang pembangkit tenaga listrik. Dan terakhir berkarir di PT PLN (persero) di PUSLITBANG sebagai Generale Manager. Setelah berkarir di PT PLN (Persero) dilanjutkan dengan berkarir di IPP dan perusahaan jasa O & M, sebagai direksi dan komisaris.

Bergabung dengan ITPLN sebagai dosen sejak tahun 2016 hingga sekarang.

"Kerendahan hati menuntun pada kekuatan, mengakui kesalahan dan melakukan perubahan atas kesalahan adalah bentuk tertinggi dari penghormatan pada diri sendiri."

Dr. Ir. Pawenary, M.T., MPM., IPU., ASEAN Eng.

Wakil Rektor IV Bidang Kerja sama dan Usaha

Dosen Akademisi dan Praktisi yang bekerja di dunia industri di berbagai bidang lebih dari 22 Tahun mulai dari Engineer hingga menjadi President Director baik di dunia mass production maupun project management. Sejalan dengan pengalaman kerja di dunia industri, beliau pernah menempuh Pendidikan mulai dari Vokasi / D3 Politeknik Sriwijaya, S1 Universitas Sriwijaya, S2 Master Teknik di Universitas Indonesia dan Master Project Management America Academic Project Management, terakhir menyelesaikan S3 Doktor Ilmu Manajemen di Universitas Negeri Jakarta.

Setelah melewati masa kerja dan pengalaman yang cukup lama, beliau mengabdikan diri pada dunia akademisi yaitu menjadi Dosen di beberapa kampus sebelumnya hingga saat ini ber homebase pada Institut Teknologi PLN hingga saat ini dengan Jabatan terakhir yaitu Fungsional Lektor Kepala.

Selain Aktif dan berpengalaman di bidang akademisi dan praktisi, beliau juga aktif pada kegiatan beberapa Lembaga dan asosiasi, Komisaris pada Lembaga Sertifikasi kompetensi – Ditjen Ketenagalistrikan (DJK – Kementerian ESDM), Pemegang PII Award 2014 - 2018 dan Pemegang Sertifikat Insinyur Profesional Utama serta Asesor Kompetensi pada Persatuan Insinyur Indonesia (PII). Ditengah berbagai macam kegiatan beliau, Sejak Awal Maret 2022 Pawenary juga dipercaya sebagai Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama dan Usaha.

"Jangan mudah menyerah dalam menempuh Pendidikan, Alumni Vokasi / D3 bisa menjadi Doktor; Lulus kuliah jangan hanya mengandalkan Ijazah dan Transkrip saja, Sertifikat Kompetensi dan sertifikat lainnya sangat membantu anda dalam bertarung di dunia kerja; Banyak orang yang bisa Berkomitmen, namun tidak banyak orang yang bisa berkonsisten dalam komitmennya"

STRUKTUR ORGANISASI

Struktur Organisasi ITPLN 2022

Rektor ITPLN

:

Prof. Dr. Ir. Iwa Garniwa Mulyana K., MT

Wakil Rektor I Bidang Akademik

:

Dipl.-Ing. Iwan Tutuka Pambudi, M.Eng., Ph.D

Wakil Rektor II Bidang SDM & Keuangan

:

Kuswowo, S.E., M.M., M.Ak.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan & Sarana

:

Ir. Ishvandono Yunaini A, M.M.

Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama & Usaha

:

Dr. Ir. Pawenary, M.T., MPM., IPU., ASEAN Eng.

Dekan Fakultas Ketenagalistrikan dan Energi Terbarukan

:

Dr. Dhami Johar Damiri, S.Pd., M.Si

Kepala Program Studi S2 Teknik Elektro

:

Zico Alaia Akbar Junior, S.Si., M.Sc., Ph.D

Kepala Program Studi S1 Teknik Elektro

:

Tony Koerniawan, ST., MT

Kepala Program Studi S1 Teknik Tenaga Listrik

:

Adri Senen, ST., MT

Kepala Program Studi S1 Teknik Sistem Energi

:

Septianissa Azahra, ST., MT

Kepala Program Studi D3 Teknik Elektro

:

Retno Aita Diansari, ST, MT

Dekan Fakultas Teknologi dan Bisnis Energi

:

Drs. Prayudi, MT, MM

Kepala Program Studi S1 Teknik Mesin

:

Roswati Nurhasanah, ST, MT

Kepala Program Studi S1 Teknik Industri

:

Utami Wahyuningsih, ST., MT

Kepala Program Studi S1 Kewirausahaan

:

Ade Caswito, SE., MM

Kepala Program Studi D3 Teknik Mesin

:

Eko Sulistiyo, ST., M.Si

Dekan Fakultas Teknologi Infrastruktur dan Kewilayahan

:

Abdul Rokhman, ST., M.Eng

Kepala Program Studi S1 Teknik Sipil

:

Desi Putri, ST., M.Eng

Dekan Fakultas Telematika Energi

:

Meilia Nur Indah Susanti, ST, M.Kom

Kepala Program Studi S1 Teknik Informatika

:

Abdurrasyid, S.Kom, MMSI

Kepala Program Studi S1 Sistem Informasi

:

Yessy Asri, ST., MMSI

Kepala Rektorat

:

Susani, S. Psi

Kepala Satuan Pengawas Internal

:

Ir. Fitra Ayuza, MM

Kepala Pusat Penjaminan Mutu

:

Meyhart Torsna Bangkit Sitorus, ST., M.Eng

Kepala Lembaga Penelitian dan P2M

:

Indrianto, S.Kom, MT

Kepala Pusat Perencanaan dan Pengembangan Institusi

:

Irma Sepriyanna, ST., MT

Manajer Pemasaran dan Admisi

:

Rakhmadi Irfansyah Putra, S.Kom, MMSI

Manajer Bagian Administrasi Akademik

:

Dewi Arianti Wulandari, S.Kom, MMSI

Kepala Perpustakaan

:

Nurul Hidayati, S.I.Pust

Manajer Pangkalan Data dan Sistem Informasi

:

Yessy Fitriani, ST, M.Kom

Manajer Akuntansi dan Keuangan

:

Tri Handayani

Manajer Sumber Daya Manusia

:

Jamaludin Terayu Amba, ST

Manajer Anggaran

:

Luciana Taroreh, S.Kom

Manajer Kegiatan Mahasiswa dan Konseling

:

Agus Zaini, SE

Manajer Layanan Karir dan Alumni

:

Syarif Hidayat, S.Si., MT

Manajer Sarana dan Fasilitas Umum

:

Lisdiana, SE

Manajer Kerjasama

:

Ir. Dwi Listiati, MT

Manajer Usaha

:

Iriansyah Bin Muhammad S, S.Kom., M.Kom

Manajer Lembaga Terapan

:

R Sapto Yuwono, SE., MM.

Manajer Lembaga Inovasi dan Inkubator Teknologi

:

Yozika Arvio, ST., M.Kom