Institut Teknologi PLN Menjalin Kerja Sama dengan Sekolah Menengah se Kabupaten Garut

GARUT, 11 November 2021 – Institut Teknologi PLN menandatangani Perjanjian Kerjasama dengan 59 sekolah di Wilayah Kabupaten Garut gabungan dari Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) Sekolah Menegah Atas (SMA) dan Madrasah Aliyah (MA) di Ballroom Favehotel Garut, Kamis (11/11). 

Tujuan dari diadakannya perjanjian kerjasama ini adalah implementasi dari program ITPLN BRAVO (Bridging and Recognizing Academic Values Opportunity)  yang mana merupakan program kerjasama dalam menjembatani dan mengakui peluang nilai-nilai akademik di instansi atau institusi pendidikan formal ataupun non formal oleh institusi pendidikan ITPLN melalui salah satu program penerimaan mahasiswa baru  di ITPLN. Selain itu, Perjanjian Kerjasama ini dapat diartikan sebagai rujukan dalam kegiatan pendaftaran  calon mahasiswa baru ITPLN  Tahun  Akademik  2022/2023.

Pada acara penandatanganan naskah kerjasama ini diawali dengan penanyangan video profil kampus ITPLN yang ditonton dengan antusias oleh para perwakilan guru-guru BK yang hadir. Acara penandatanganan naskah kerjasama dilakukan oleh Wakil Rektor I ITPLN Bidang Akademik Bapak Luqman, ST., M.Kom dengan Guru Bimbingan Konseling (BK)/ para perwakilan dari setiap  SMA, MA, dan SMK se Kabupaten Garut.
Pada kesempatan ini pula hadir Rektor ITPLN, Prof. Dr. Ir. Iwa Garniwa, MT beserta para Wakil Rektor, Kepala Rektorat, Manager Bagian Kerjasama, Kasie Bagian Pemasaran dan Admisi, Kepala ITCC ITPLN, serta  beberapa dosen dan staff  ITPLN. 

Dalam sambutannya, Rektor ITPLN Prof. Iwa Garniwa menyampaikan beberapa hal penting yaitu: “ITPLN berdiri 22 tahun yang lalu bernama Sekolah Tinggi Teknik YPLN kemudian pada Januari 2020 bertransformasi menjadi Institut Teknologi PLN, dengan slogan Modern, Mandiri dan Unggul, oleh karena itu saat ini kami harus bisa lebih maju dengan visi dan misi yang tajam dan tepat sasaran, serta banyak berkolaborasi dengan instansi atau institusi serta dunia industri dan usaha” 
Selain itu Prof. Iwa Garniwa juga menegaskan bahwa ITPLN adalah salah satu perguruan tinggi yang tergabung dalam APERTI BUMN yaitu Asosiasi Perguruan Tinggi di bawah naungan BUMN, kampus ITPLN memiliki 4 Fakultas yang tidak harus menerima lulusan sekolah dari kelimuan IPA, akan tetapi IPS pun bisa masuk ke salah satu program studi di kampus ITPLN. 
Di akhir sambutannya Rektor ITPLN juga menambahkan bahwa saat ini alumni ITPLN selain mampu berwiraswasta, telah banyak juga yang bekerja di perusahaan-perusahaan ternama baik swasta maupun BUMN, terutama PT PLN (Persero) dan anak-anak perusahaannya.

Sambutan dilanjukan oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik, Bapak Luqman, ST, M.Kom yang menjelaskan tentang program ITPLN BRAVO dan diantara penjelasannya menyampaikan, “di ITPLN terdapat program kelas tugas belajar, yaitu kelas kuliah bagi para karyawan/pegawai, serta telah dibuka program studi-program studi baru di ITPLN”.

Pada penandatanganan naskah kerjasama ini dari pihak sekolah hadir para koordinator guru BK SMA/SMK/MA se Kabupaten Garut yaitu Bapak. Daryono, Bapak. Helmi, dan Bapak. Apip. Dalam sambutannya Bapak. Helmi mengucapkan terima kasih kepada Prof. Iwa Garniwa beserta jajaran ITPLN yang telah hadir memperkenalkan dan mempromosikan Kampus Institut Teknologi PLN kepada SMA/SMK/MA se-Kabupaten Garut dan dalam sambutannya pula menyampaikan bahwa SMA/SMK/MA menunggu implementasi program ITPLN hasil dari Perjanjian Kerjasama tersebut.

Acara dilanjutkan dengan penjelasan prosedur pendaftaran mahasiswa baru ke ITPLN oleh Kasie Bagian Pemasaran dan Admisi  Bapak.Andi Dahroni, S.T., M.Kom yang didalamnya menjelaskan program-program penerimaan mahasiwa baru ITPLN yang diantaranya terdapat program penerimaan mahasiswa dari jalur beasiswa APERTI BUMN, Kartu Indonsia Pintar, beasiswa prestasi akademik dan non akademik dan program beasiswa lainnya.  
Selanjutnya diadakan diskusi tanya jawab seputar ITPLN yang dijawab langsung oleh Rektor ITPLN, Warek I Bidang Akademik serta Bagian Pemasaran dan Admisi. 

Acara diakhiri dengan sesi foto bersama jajaran pimpinan ITPLN dengan para guru BK kemudian dilanjutkan dengan makan siang bersama dan ramah tamah.

16-11-2021
REKTORAT