PERESMIAN KENDARAAN LISTRIK P3KL ITPLN

Institut Teknologi PLN melalui Pusat Penelitian dan Pengembangan Kendaraan Listrik (P3KL) berhasil meluncurkan sebuah produk kendaraan listrik hasil karya Dosen dan Mahasiswa ITPLN. Penelitian dimulai pada 01 Agustus 2020 sampai dengan 29 Juli 2021 di Kampus ITPLN yang kemudian melahirkan kendaraan listrik multi purpose ini.

Acara peresmian tersebut dimulai pada Senin, 7 September 2021 pukul 08.00 – 10.00 WIB berlangsung di Lobi Utama ITPLN dan dihadiri oleh Ketua Harian Yayasan Pendidikan dan Kesejahteraan PT PLN (Persero), Bapak Djoko Paryoto, Bapak Syamsurizal, Rektor ITPLN Prof. Dr. Ir. Iwa Garniwa M K, MT, para Wakil Rektor, mahasiswa dan dosen yang terlibat dalam pengembangan kendaraan listrik ini.

Dalam sambutannya, Bapak Djoko Paryoto menyampaikan apresiasinya kepada Tim P3KL dan juga kepada Rektor ITPLN, disampaikan juga bahwa produk ini dapat dikembangkan dan juga disampaikan kepada PLN agar dapat dikomersialisasikan sehingga menjadi kendaraan operasional PT PLN (Persero). Kendaraan listrik ini juga dapat berpeluang membuka penelitian dari semua disiplin ilmu yang ada di ITPLN seperti elektro, mesin, informatika dan sipil.

Dalam keterangannya, Bapak Dr. Ir. Pawenary, M.T., MPM.  selaku ketua tim P3KL menyampaikan bahwa 1 batterai  mampu untuk mengoperasikan kendaraan listrik tersebut selama 2 jam. Batterai yg digunakan jenis Batterai Litium sebanyak 320 pcs yg di rangkai seri paralel sedemikian rupa  sehingga menghasilkan tegangan DC 60 volt / 50 Ah. Kita memiliki 2 unit set  Batterai hasil karya team dimana bisa menjadi Batterai cadangan, sehingga kendaraan listrik bisa berjalan selama 4 jam.  Batterai tsb dilengkapi dengan Baterai Management System'( BMS ) sehingga jika terjadi kerusakan maka tidak buang semua total Batterai , kita cukup mengganti Batterai yg rusak saja. Uniknya kendaraan listrik karya ITPLN ini dilengkapi dengan solar panel system' dimana fungsi pembebanan selain motor BLDC semua di supplai oleh solar panel pungkasnya.   Sedangkan Rektor ITPLN, Prof. Iwa berharap bahwa karya-karya dari ITPLN dapat diinkubasi dan dikomersialisasikan untuk kepentingan masyarakat luas dimana inovasi kendaraan roda 3 bisa dikembangkan luas fungsinya bisa berpenumpang, bisa pengangkut barang dan lain sebagainya. Kedepannya kita akan terus melakukan inovasi pengembangan untuk perbaikan kedepannya.

07-09-2021
REKTORAT