IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN RANGKAIAN LISTRIK TENAGA SURYA DI MADRASAH ALIYAH SERANG

Sebagai wujud implementasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi Insititut Teknologi PLN (ITPLN) terus mendukung dan mendanai kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) melalui hibah internal yang dilakukan oleh LPPM ITPLN. Kegiatan PkM merupakan kegiatan rutin yang wajib dilakukan setiap tahunnya oleh para dosen di lingkungan ITPLN dan melibatkan mahasiswa. 

Kegiatan PkM yang dilaksanakan di MA Al-Khairiyah Rancaranji, Serang-Banten pada Kamis, 27 Juli 2022 merupakan tahun ketiga dan wujud implentasi dari kerja sama yang telah dilakukan sebelumnya. Kegiatan PkM ini didanai oleh ITPLN Tahun Anggaran 2022 yang di ketuai oleh Agus Yogianto., Ir., MT dan beranggotakan Samsurizal, ST., MT;  Septiannissa Azahra, ST, MT; Miftahul Fikri, S.Si., M.Si; Hastuti Azis, ST., MT; Christiono, ST., MT serta Dr. Zainal Arifin, ST., MBA yang merupakan dosen Fakultas Ketenagalistrikan dan Energi Terbarukan (FKET). Kegiatan PkM juga melibatkan beberapa mahasiswa Teknik Elektro ITPLN yaitu Siti Amaliatu Zahra, Nanda Febby Yuliantina dan Nur Fiqa Reski.

Tujuannya PkM ini adalah untuk menghasilkan lulusan Madrasah Aliyah yang memiliki kompetensi dan berdaya saing setelah lulus serta sebagai ajang pengenalan ITPLN sebagai salah satu perguruan tinggi yang unggul dibidang energi dan teknologi. 

Kegiatan dimulai dengan pembukaan oleh kepala MA Al-Khairiyah Rancaranji Ibu Lismawati, S.Pd dalam sambutannya beliau sangat mengapresiasi kegiatan ini sebagai wujud Kerjasama yang sudah dilakukan dan berharap kegiatan semacam ini dapat terus dilakukan secara berkesinambungan. Beliau juga menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada tim PkM ITPLN yang telah melakukan sharing knowledge serta berkunjung ke sekolah. Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi, pelatihan, workshop, umpan balik dan penutup. 

Pada pelatihan ini siswa dibagi menjadi tiga kelompok untuk diajarkan serta dikenalkan komponen elektronika, penggunaan alat ukur, pengujian rangkaian seri -paralel, catu daya AC-DC, serta simulasi rangkaian listrik terbuka dan tertutup. Peserta diberikan doorprize jika aktif dan mampu menjawab pertanyaan yang diberikan tim PkM saat kegiatan berlangsung.

Kegitaan PkM ditutup dengan menyerahkan Hibah Alat Pembelajaran yang dapat dijadikan pembelajaran disekolah serta souvenir kepada mitra sebagai bentuk apresiasi atas berlangsungnya kegiatan ini. 

Hasil kegiatan PkM ini antara lain terjalin kerjasama dan kemitraan dengan masyarakat khususnya sekolah, mempererat hubungan antara Civitas Akademika Institut Teknologi PLN dengan MA Al-Khairiyah Rancaranji, Serang-Banten sebagai perwujudan dari pengembangan kompetensi  tri darma perguruan tinggi, pengenalan ITPLN sebagai perguruan tinggi terbaik dibidang Teknik. Peserta kegiatan PkM ini siswa dapat mengimplementasikan pembelajaran rangkaian listrik dengan sumber tenaga surya  serta sharing knowledge guna mempersiapkan siswa/i setelah lulus nanti dan mampu menerapkannya dalam pada lingkungan. Sebagai penutup rangkaian kegiatan ini mitra berharap ada siswa yang menempuh Pendidikan dan mengembangkan kemampuan di ITPLN. (red-samsurizal)

01-08-2022
REKTORAT