Mobil Listrik Brajamusti ITPLN Raih Juara 2 Uji Skidpad Dalam Ajang Formula Electric Student Competition IIMS 2022

Jakarta, 10 April 2022 - Mobil Listrik Braja Racing Gen 2 X3 telah mengikuti lomba Formula Student Electric Championship IIMS 2022 pada Kamis 31 Maret – Minggu 10 April 2022 di JIEXPO Kemayoran Jakarta Pusat. Perlombaan ini diikuti oleh 9 perguruan tinggi lainnya seperti Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Ahmad Dahlan, Universitas Brawijaya, Politeknik Negeri Madiun, Universitas Gajah Mada, Institut Teknologi Kalimantan, Universitas Riau, Universitas Negeri Malang dan Politeknik TEDC Bandung. Dalam perlombaan ini juga dihadiri langsung oleh Rektor Institut Teknologi yaitu Prof. Dr. Ir. Iwa Garniwa Mulyana K, M.T didampingi oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Bapak Ir. Ishvandono Yunaini, M.M. Selain itu dihadiri pula oleh Kaprodi Teknik Mesin Ibu Roswati Nurhasanah S.T., M.T, dosen pembimbing Brajamusti Bapak Hendri S.T., M.T. dan juga perwakilan dari Bagian Kegiatan Mahasiswa dan Konseling (BKMK) ITPLN.

Formula Electric Student Championship (FESC) atau IIMS 2022 adalah sebuah wadah untuk menampung dan meningkatkan kreativitas mahasiswa dibidang teknologi otomotif, serta untuk meningkatkan kesadaran dalam menanggapi isu global tentang lingkungan hidup dan energi. Perlombaan mobil listrik tahunan di JIEXPO Kemayoran Jakarta Pusat, pada tahun ini Tim BRAJAMUSTI EVT Institut Teknologi Teknik PLN kembali mengikuti kompetisi untuk yang keduakalinya. Sebagai peserta lomba pada FESC IIMS 2019 merupakan kali pertama mengikuti kompetisi di JIEXPO Kemayoran Jakarta Pusat dan KMLI 2018 sebagai debut tim kami, keikut sertaan kompetisi yang pertama capaian yang dapat dibanggakan bisa menjadi salah satu faktor pendorong sebagai tim pendatang baru, dari hal tersebut kami banyak belajar dan mengevaluasi baik dari segi teknis mobil maupun dari manajemen pengurus. Tahun 2018 kami menggunakan mobil Braja Racing gen 1.0, pada perlombaan sebelumnya mobil ini masih ada kekurangan yang harus dievaluasi untuk memperoleh suatu data yang dapat dianalisa untuk mendukung perkembangan mobil Brajamusti generasi kedua, khususnya pada kinerja masing – masing bagiankomponen mobil, seperti struktur rangka yang terlalu berat dan body yang kurang aerodinamis.

Hasil perlombaan Formula Student Electric Championship IIMS 2022 pada kategori Uji Acceleration yang mendapatkan best position yaitu dari Yacaranda Team Universitas Gajah Mada. Untuk kategori Skidpad yang mendapatkan best position yaitu dari Garuda UNY Univesitas Negeri Yogyakarta. Untuk kategori Uji Enduracnce dan Efficiency yang mendapatkan best position yaitu dari Garuda UNY Univesitas Negeri Yogyakarta. Untuk Kategori Bussines Plan yang mendapatkan best position yaitu Enggang Ev Institut Teknologi Kalimantan. Institut Teknologi PLN mendapatkan second position pada kategori Uji Skidpad dengan score 107.11 dan pada Grand Champion mendapatkan posisi keenam dengan score 529.97. Kegiatan Formula Electric Student Competition IIMS 2022 dapat membawa nama baik mahasiswa IT-PLN dalam ajang lomba inovasi skala internasional. Dapat berkontribusi dalam peningkatan poin akreditasi kegiatan Mahasiswa IT–PLN Oleh Ristek Dikti. Memberikan semangat kepada seluruh mahasiswa IT-PLN dan internasional untuk berinovasi dan berkarya.

10-05-2022
REKTORAT