Pemasangan Baru PLTS dan PLTMH oleh Tim Pengmas FTBE

Salah satu bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah Pengabdian Kepada Masyarakat, tujuannya adalah untuk membantu masyarakat dalam beberapa aktivitas tanpa mengharapkan imbalan dalam bentuk apapun. Baru baru ini tim dari Fakultas Teknologi dan Bisnis Energi mengadakan pengabdian kepada masyarakat dengan melakukan pemasangan baru PLTS dan PLTMH di Kampung Gunung Sangar.

Panel surya yang bersumber dari sinar matahari dan mikro hidro yang merupakan pengembangan dari air merupakan energi terbarukan yang bisa didapatkan dengan sangat mudah dan murah. Bentuk energi terbarukan seperti ini dirasa sangat cocok diterapkan di pelosok-pelosok negeri yang belum ada listrik.

Lokasi tepatnya dari pemasangan tersebut adalah di Kampung Gn. Sangar, Desa Sukamulya, Kabupaten Bogor. Kegiatan ini berlangsung pada Jumat – Minggu, 20 – 22 Mei 2022 dengan beranggotakan Dosen dan juga Mahasiswa.

Sinergi antara mahasiswa, pembimbing dan masyarakat sekitar juga sangat baik, sehingga penyelesaian proyek ini dapat dilakukan dengan baik. Hal seperti ini diharapkan nantinya juga bisa diadopsi dan diimplementasikan di wilayah-wilayah lain.

Menurut, Bapak Hendri S.T., M.T selaku pembina, Mahasiswa turut dilibatkan agar memiliki nilai sosial kepada sesama, “selain untuk menciptakan nilai sosial, juga untuk mengaplikasikan keahlian yang telah diajarkan di kampus. Sehingga para mahasiswa menjadi tau dan mengerti tentang penerapan ilmu di masyarakat.” Ujar Bapak Hendri.

17-06-2022
REKTORAT