Kerja Sama ITPLN dengan USAID E4SEA

Institut Teknologi PLN telah melakukan penandatangan surat kerjasama pada kegiatan Peningkatan Kesetaraan Energi untuk Asia Tenggara (USAID E4SEA) yang diadakan oleh CORE International, Inc. Kegiatan Kerja Sama yang berlaku pada 15 November 2021 hingga 11 Agustus 2023 ini dibiayai langsung oleh Agensi Amerika Serikat untuk Pengembangan Internasional (USAID) dengan tujuan peningkatan kinerja dan mendukung penggunaan energi yang ramah lingkungan. Penandatanganan dilakukan kedua belah pihak oleh Bapak Prof. Dr. Ir. Iwa Garniwa Mulyana K., MT selaku Rektor ITPLN dan Lois Varrick selaku CEO di CORE International, Inc. Washington.

Permintaan akan kebutuhan energi bersih, membuat setiap perusahaan di bidang energi turut membantu membuat variasi campuran pasokan energi, dan memperkuat ketahanan energi. Dalam menunjang hal tersebut, SDM juga harus ikut serta meningkatkan tingkat retensi karyawan, meningkatkan produktivitas, dan meningkatkan pengembalian finansial. Terlebih, memperluas partisipasi perempuan dalam sektor energi yang biasanya didominasi laki – laki mengarah kepada hasil pemberdayaan yang nyata bagi perempuan.

Dalam kegiatan kerja sama ini secara tertulis berisi : 
1.    Menambah kesadaran dan pemahaman antara remaja perempuan, remaja laki – laki, orang tua, dan tenaga pendidik terhadap pilihan karir sektor energy bagi perempuan.
2.    Membuat sebuah lingkungan yang memadai remaja perempuan dan wanita muda untuk mengejar pendidikan Sains, Teknologi, Keteknikan, dan Matematika, dan/atau pekerjaan sektor energy,
3.    Meningkatkan kesadaran tentang kendala pada kesetaraan gender dan bias secara tidak sadar dalam pelatihan dan lokakarya,
4.    Mendukung intitusionalisasi dari kebijakan, norma, dan intervensi kesetaraan gender pada Institut Teknologi PLN, dan
5.    Meningkatkan akses pada magang, bimbingan, dan kesempatan pengembangan kepemimpinan lainnya bagi remaja perempuan dan wanita muda dalam pendidikan STEM, dan studi sektor energy relevan yang lainnya.

Gambaran kegiatan yang bisa dipilih oleh Intitut Teknologi PLN, bersama dengan E4SEA, termasuk di bawah ini:
-    Kampanye kesadaran
-    Pelatihan Pelatih bagi pelatihan bias yang tidak sadar
-    Sosialisasi sekolah menengah
-    Magang dan bimibingan kerja sama terkait dengan pemberi pekerjaan sektor energy

Semoga dengan adanya kerja sama kesetaraan gender pada sektor energi ini dapat meningkatkan produksi dan penggunaan energi yang ramah lingkungan.

17-06-2022
REKTORAT