Wisuda Ke 40 Lulusan ITPLN Siap Menghadapi Era Disrupsi Digital

Jakarta, 25 Mei 2022 – Institut Teknologi PLN (ITPLN) menggelar acara Wisuda ke-40 di Sasana Kriya, Taman Mini Indonesia Indah (Rabu/25). Wisuda ini merupakan salah satu bentuk nyata ITPLN dalam kontribusi pembangunan negeri dengan meluluskan 137 SDM terampil dalam bidang ketenagalistrikan dan teknologi yang siap menghadapi era digital. Selain itu, ITPLN sebagai 1 dari 4 Pilar Kekuatan PT PLN (Persero) adalah catur tunggal 4 dalam 1 kebersamaan sehingga PT PLN dapat semakin kuat dan jaya. 4 pilar tersebut adalah IK PLN, Dana Pensiun PLN, YPK PLN dan ITPLN.

Acara diikuti oleh 137 Wisudawan dari seluruh program studi di ITPLN, dan dihadiri oleh Pimpinan ITPLN, Pengurus Yayasan Pendidikan dan Kesejahteraan PT PLN (YPK PLN), Perwakilan dari Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III (LLDIKTI III), hadir secara daring yaitu Direktur Keuangan PT PLN (Persero), dan Sekdirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM.

Dalam sambutannya, Direktur Utama PT PLN (Persero) Bapak Darmawan Prasodjo menyampaikan harapan dan dukungan kepada lulusan ITPLN untuk siap dalam menghadapi tantangan yang semakin besar dan kompleks kedepannya, “Teknologi berkembang, sektor energi bertransisi. Kita semua harus punya keahlian yang relevan dengan zaman. Di sinilah, ITPLN hadir sebagai kawah candradimuka untuk menempa dan mengemban Pendidikan yang unggul sesuai bidang.” Ucap Bapak Darmawan Prasodjo dalam sambutannya.

Selanjutnya, Prof. Dr. Ir. Iwa Garniwa M K, MT sebagai Rektor ITPLN mengatakan bahwa dalam menghadapi berbagai disrupsi yang ada, ITPLN berkomitmen akan memberikan kualitas Pendidikan dengan ukuran pencapaian yang fokus pada kemampuan dan kompetensi mahasiswa, “tidak lupa juga aspek attitude, knowledge, skill, dan value dari masing-masing lulusan. Selain itu kemampuan beradaptasi, kepemimpinan, dan bertindak efektif & imajinatif yang sangat dibutuhkan di era post Covid-19.” Pungkas Prof. Iwa.

 Ibu Prita Ekasari, ST., MMSI dari LLDIKTI Wilayah III menambahkan bahwa Perguruan Tinggi dituntut untuk bisa terus melakukan transformasi serta inovasi melakukan terobosan-terobosan baru. Hal ini sejalan dengan prestasi dan inovasi yang terus dikembangkan oleh mahasiswa dan dosen ITPLN seperti Mobil Listrik Brajamusti dari Fakultas Teknologi dan Bisnis Energi, Robotik dari Fakultas Ketenagalistrikan dan Energi Terbarukan dan lainnya.

Para wisudawan nantinya akan bergabung dengan 10000 Alumni dari ITPLN yang sudah berkiprah diberbagai sektor industri yang ada di Indonesia. Diharapkan bahwa para lulusan ini dapat berkontribusi sebaik mungkin di masyarakat dan dapat menjaga nama baik almamaternya.

25-05-2022
REKTORAT