Penandatanganan Kerjasama ITPLN BRAVO dengan Madrasah Aliyah SMA dan SMK Kota dan Kabupaten Sukabumi 

Sukabumi, 19 Januari 2022 - Telah diselenggarakan acara penandatanganan Naskah Kerjasama antara Institut Teknologi PLN (ITPLN) dengan 45 sekolah Madrasah Aliyah, SMA dan SMK se Kota dan Kabupaten Sukabumi di Aula Fresh Hotel Sukabumi, acara tersebut dimulai pada pukul 11.00 WIB.

Tujuan diadakannya Kerjasama ini adalah implementasi dari program ITPLN BRAVO (Bridging and Recognizing Academic Values Opportunity) yang merupakan program kerjasama dalam menjembatani dan mengakui peluang nilai-nilai akademik di instansi atau institusi pendidikan formal ataupun non formal oleh institusi pendidikan ITPLN melalui program penerimaan mahasiswa baru ITPLN. Dengan melakukan pengakuan/konversi mata pelajaran, kegiatan magang industri, sertifikasi yang sesuai ke SKS mata kuliah di ITPLN maksimal 20 SKS. Selain itu, Perjanjian Kerjasama ini dapat diartikan sebagai rujukan dalam kegiatan pendaftaran  calon mahasiswa baru ITPLN  tahun  akademik  2022/2023.

Acara penandatanganan naskah Kerjasama dilakukan oleh Warek I ITPLN, Bapak Luqman, ST., M.Kom dengan SMA, MA, dan SMK se Kabupaten Kota Sukabumi, Jawa Barat yang diwakili oleh para guru BK (Bimbingan Karir) sekolah tersebut. Dari pihak ITPLN hadir Rektor ITPLN, Prof. Dr. Ir. Iwa Garniwa, MT., Wakil Rektor III Ibu Erlina, ST., MT., Kepala Rektorat, Manager Bagian Kerjasama dan Admisi (BPA) serta beberapa dosen dan staff  ITPLN. 

Acara dilanjutkan dengan Sambutan Rektor ITPLN Prof. Dr. Ir. Iwa Garniwa MK.,MT beliau menyampaikan “ITPLN berdiri 23 tahun yang lalu bernama Sekolah Tinggi Teknik YPLN kemudian pada Januari 2020 bertransformasi menjadi Institut Teknologi PLN, dengan slogan Modern, Mandiri dan Unggul, saat ini kami harus bisa lebih maju dengan visi dan misi yang tajam dan tepat sasaran” Prof. Iwa Garniwa juga menambahkan Kampus ITPLN memiliki 4 Fakultas yang tidak harus menerima lulusan IPA, akan tetapi IPS pun bisa masuk ITPLN dan saat ini ITPLN telah menambah 4 program studi baru yaitu S1 Teknik Industri, S1 Teknik Tenaga Listrik, S1 Kewirausahaan dan S1 Sistem Informasi. “Alumni ITPLN telah banyak bekerja di perusahaan-perusahaan ternama baik swasta maupun BUMN, terutama PT PLN (Persero) dan anak-anak perusahaannya, di Kabupaten Sukabumi memiliki banyak sumber daya energi, oleh karena itu kami ingin putera dan puteri daerah disini dapat melanjutkan Pendidikan di ITPLN yang nantinya dapat berperan mengelola potensi daerahnya ini”  imbuh Rektor ITPLN. 

Selanjutnya pidato sambutan Wakil Rektor Bidang Akademik, Bapak Luqman, ST, M.Kom yang memeparkan tentang program ITPLN Bravo yang telah masuk ke PDDIKTI. Disampaikan pula oleh Wakil Rektor I tersebut bahwa di ITPLN terdapat program kelas tugas belajar, yaitu kelas kuliah bagi para karyawan/pegawai. 

Pada kesempatan itu hadir pula koordinator guru BK SMA/SMK/MA se Kabupaten Garut, Bpk. Iyan Kusyandi, M.Pd., Ibu Yati Syahadati, M.Pd., dan Bapak Hasan Abdul Rohman, M.Pd., “Kami mengucapkan terima kasih kepada Prof. Iwa Garniwa beserta jajaran ITPLN yang telah hadir memperkenalkan Kampus Institut Teknologi PLN kepada SMA/SMK/MA se- Kabupaten Sukabumi” ujar Bpk. Hasan, M.Pd.  “Saat ini PTM (Pertemuan Tatap Muka) sekolah telah dimulai, kami harapkan terwujudnya sinergi antara Pendidikan menengah dan Pendidikan tinggi yang berkelanjutan ke depannya,” kata Pak Hasan.

Acara diisi pula dengan diskusi tanya jawab seputar ITPLN yang dijawab oleh Bapak Rahmadi Irfansyah Putra, MMSI selaku Manager Bagian Pemasaran dan Admisi (BPA) ITPLN. Pada kesempatan tersebut Pak Rakhmadi menjelaskan bahwa Mahasiswa ITPLN Angkatan 2021 paling banyak berasal dari Jawa Barat, disusul oleh Sumatera Utara, Sulawesi Selatan, dan Jawa Timur. Beliau juga menjelaskan tentang detail dashboard Sistem Pembayaran Mahasiswa Baru yang saat ini lebih mudah karena dapat dilakukan di minimarket, ATM dan system lainnya. “Sekarang untuk mengakses tentang informasi Penerimaan Mahasiswa Baru ITPLN dapat menggunakan kata kunci di Google dan Bing yaitu : info pmb, maka akan otomatis akan muncul dengan cepat link tentang informasi pendaftaran Mahasiswa baru ITPLN,” jelasnya. Ia pun menambahkan bahwa slogan ITPLN adalah Ksatria Petir yang artinya bahwa lulusan ITPLN diharapkan akan menerangi Indonesia. 

Semoga dengan adanya acara ini, dapat memperkuat relasi antara ITPLN dengan Madrasah Aliyah, SMA dan SMK se Kota dan Kabupaten Sukabumi

24-01-2022
REKTORAT