TIM BRAJAMUSTI GEN 3 HIMPUNAN MAHASISWA MESIN PRODI S1 MESIN IKUTI FORMULA ELECTRIC STUDENT CHAMPIONSHIP 2022

(Jakarta, 28 Maret 2022). Mobil listrik Braja Racing Gen 2 X3 Himpunan Mahasiswa Mesin (HMM) Prodi S1 Teknik Mesin sebagai mobil listrik Brajamusti Generasi ketiga yang akan mengikuti lomba Formula Electric Student Championship 2022 pada hari Senin tanggal 28 Maret 2022 telah melaksanakan acara pelepasan tim. Acara ini dihadiri oleh Wakil Rektor III Institut Teknologi PLN Ibu Erlina S,T, M.T, Dekan FTBE : Drs. Prayudi, M.M, M.T , Perwakilan BKMK, Kepala Program Studi S1 Teknik Mesin : Roswati Nurhasanah, S.T, M.T serta alumni dari tim Brajamusti Generasi kedua.Tim Brajamusti Generasi ketiga mewakili Institut Teknologi PLN untuk mengikuti event Formula Electric Student Championship 2022 yang diadakan pada tanggal Jumat, 1 April sampai Minggu, 10 April 2022 di JIEXPO Kemayoran Jakarta Pusat. Perlombaan ini diikuti oleh perwakilan perguruan tinggi negeri maupun swasta yang ada di Indonesia seperti Universitas Ahmad Dahla, Universitas Negeri Malang, Universitas Gajah Mada, Universitas Brawijaya dan masih ada 6 perguruan tinggi lainnya. Pimpinan ITPLN melalui Wakil Rektor III dalam sambutannya menyatakan komitmennya untuk selalu mendukung Brajamusti untuk selalu berinovasi dan mengikuti perlombaan hingga perlombaan International. 

Formula Electric Student Championship (FESC) atau IIMS 2022 adalah sebuah wadah untuk menampung dan meningkatkan kreativitas mahasiswa dibidang teknologi otomotif, serta untuk meningkatkan kesadaran dalam menanggapi isu global tentang lingkungan hidup dan energi. Perlombaan mobil listrik tahunan di JIEXPO Kemayoran Jakarta Pusat, pada tahun ini Tim BRAJAMUSTI EVT Institut Teknologi Teknik PLN kembali mengikuti kompetisi untuk yang keduakalinya. Sebagai peserta lomba pada FESC IIMS 2019 merupakan kali pertama mengikuti kompetisi di JIEXPO Kemayoran Jakarta Pusat dan KMLI 2018 sebagai debut tim, keikut sertaan kompetisi yang pertama capaian yang dapat dibanggakan bisa menjadi salah satu faktor pendorong sebagai tim pendatang baru, untuk selalu berinovasi dan mengevaluasi Brajamusti baik dari segi teknis mobil maupun dari manajemen pengurus. Tahun 2018 yang lalu menggunakan mobil Braja Racing gen 1.0, pada perlombaan sebelumnya mobil ini masih ada kekurangan yang harus dievaluasi untuk memperoleh suatu data yang dapat dianalisa untuk mendukung perkembangan mobil Brajamusti generasi kedua, khususnya pada kinerja masing - masing bagian komponen mobil, seperti struktur rangka yang terlalu berat dan body yang kurang aerodinamis tutur ketua Tim Brajamusti. 

Mobil generasi kedua ini diharapkan bisa menjadi pembuktian bahwa mobil listrik memang sudah menjadi desakan ditingkat akademisi dan harus terus dikembangkan. Dengan melihat antusiasme dari berbagai kampus di Indonesia untuk berlomba dalam kegiatan FESC IIMS 2022. Sehingga tujuan dari keikutsertaan kami di FESC IIMS 2022, kami ingin memperkenalkan hasil kreatifitas tim pada mobil generasi kedua kami yang bernama Braja Racing Gen 2 dengan kelebihan dan teknologi baru yang kami tawarkan yang tentunya hasil dari evaluasi dari mobil generasi pertama dan juga tim ini ingin menjadi pelopor kendaraan yang ramah lingkungan serta dapat meminimalisir penggunaan bahan bakar fosil.

03-04-2022
REKTORAT