ITPLN UNJUK GIGI DI IEMS 2021

Banten, 24 November 2021 – Institut Teknologi PLN (ITPLN) sebagai Perguruan Tinggi yang berfokus di Bidang Ketenagalistrikan ikut unjuk gigi dalam pagelaran Indonesia Electric Motor Show yang diselenggarakan di Halaman Gedung Manajemen ORPPT-BRIN Kawasan PUSPITEK, Serpong, Banten pada 24 – 26 November 2021 secara daring maupun luring.

Dalam acara tersebut, ITPLN menampilkan hasil karya Dosen dan Mahasiswa kolaborasi antar jurusan yaitu Kendaraan Ramah Lingkungan (KARLING) Roda 2, Roda 3, dan Roda 4 dan juga Brajamusti Electric Vehicle Team Braja Racing Team, dan alat keamanan untuk kendaraan listrik berupa speaker yang mensimulasikan suara pada kendaraan listrik. Alat keamanan tersebut merupakan sesuatu yang penting, mengingat kendaraan listrik tidak mengeluarkan suara pada saat dioperasikan.

Dalam wawancaranya dengan pihak penyelenggara, Bapak Drs. Moh Ahsan, MM selaku Wakil Rektor II menyampaikan harapannya bahwa dengan adanya pameran ini para mahasiswa dan dosen semangat dalam mengembangkan kendaraan listrik di Indonesia, “Turut bangga dengan adanya pameran ini, dan diharapkan para Mahasiswa dan Dosen menjadi semakin semangat dan turut berpartisipasi dalam perkembangan kendaraan listrik di Indonesia,” tutur Pak Ahsan.

Para pengunjung yang terdiri dari kalangan umum maupun pelajar sangat antusias saat mengunjungi booth IEMS, Kepala Staff Kepresidenan Indonesia, Bapak Jenderal TNI (Purn.) Dr. H. Moeldoko Ginting juga berkesempatan untuk mengunjungi booth ITPLN yang terletak di Booth B9 – 10, dalam kunjungannya Bapak Moeldoko mendapatkan penjelasan mengenai produk-produk yang ditampilkan ITPLN oleh Bapak Dr. Ir. Pawenary, M.T., MPM.

Selain Kepala Staff Kepresidenan Indonesia turut hadir pula Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Bapak Jenderal TNI (HOR) (Purn.) Luhut Binsar Pandjaitan, M.P.A yang diwakili oleh Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Bapak Ayodya G L Kalake, Kepala BRIN Bapak Dr. Laksana Tri Handoko, M.Sc, Walikota Tangerang Selatan yang diwakili oleh Wakil Walikota Tangerang Selatan Bapak H. Pilar Saga Ichsan, ST, DIRJEN Ketenagalistrikan ESDM, Bapak Rida Mulyana, dan lainnya.

Institut Teknologi PLN Sebagai Lembaga Pendidikan, saat ini fokus dalam pengembangan kendaraan listrik ( Electric Vehicle), kendaraan listrik yang dikembangkan ITPLN diberi nama KARLING yang diambil dari singkatan KendAraan Ramah LINGkungan, pengembangan yang dilakukan antara lain melakukan konversi motor bensin ke motor listrik (Swap Engine) untuk motor bebek, product yang dihasilkan diberi nama KARLING-2R. Konsep kendaraan penumpang roda 3 (KARLING-3R) juga dibuat untuk kedepannya diharapkan bisa memenuhi kebutuhan kendaraan untuk kebutuhan kendaraan penumpang jarak pendek seperti komplek perumahan, tempat wisata, dan lokasi pabrik yang membutuhkan kendaraan untuk akses kelokasi sekitar. Terakhir prototype kendaraan roda 4 yang diberi nama KARLING-4R, dengan konsep multi propose yang bisa dikembangkan untuk kendaraan penumpang dan juga angkutan barang. Pada kesempatan ini juga IT-PLN menampilkan karya mahasiswa S1 Teknik mesin dari Fakultas Teknologi dan Bisnis Energi (FTBE) kendaraan yang diberi nama BRAJAMUSTI yang merupakan Tim Formula Mahasiswa Indonesia dalam Kompetisi Mobil Listrik Indonesia. Selanjutnya IT-PLN akan menampilkan salah satu proyek KAPAL LISTRIK dengan menggunakan Video Virtual yang bisa dilihat melalui monitor TV yang ada di Booth IT-PLN.

25-11-2021
REKTORAT