ITPLN Dipercaya Memberikan Pelatihan PLTS Bagi Engineer PT PJB

Jakarta, 26 – 27 November 2021 – Institut Teknologi PLN (ITPLN) melaksanakan pelatihan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Hybrid kepada 10 peserta yang berasal dari PT Pembangkitan Jawa Bali (PJB). Kegiatan ini dalam rangka mendukung program dedieselisasi pemerintah di luar Jawa-Bali khususnya pulau-pulau kecil terluar (PPKT). Pelatihan ini dilaksanakan di Laboratorium PLTS ITPLN selama 2 hari.

Pelatihan PLTS Hybrid ini dilaksanakan dengan cara pembekalan materi secara daring dan praktik secara luring oleh instruktur dengan tujuan untuk memberikan pembekalan awal dan pengetahuan dasar mengenai sistem PLTS, agar dalam proses praktik di lapangan dapat berjalan lancar dan memaksimalkan ilmu yang didapat selama pelatihan PLTS ini. Setelah pembekalan materi online selesai, para peserta pelatihan kemudian diarahkan untuk melakukan praktik pengoperasian panel PLTS secara offline pada sistem PLTS yang terdapat di Laboratorium, dengan tetap mengenakan alat pelindung diri safety helmet (helm pengaman) dan safety vest (rompi keselamatan) serta selalu mengutamakan protokol kesehatan dengan tetap memakai masker selama kegiatan pelatihan berlangsung.

Kemudian, para peserta pelatihan diarahkan untuk melakukan praktik diluar Laboratorium untuk mengoperasikan panel PLTS. Area luar Laboratorium cukup luas dengan jumlah panel PLTS yang mencukupi, sehingga seluruh peserta pelatihan dapat leluasa dalam proses pelatihan dan didapatkan hasil sesuai yang diharapkan.

Kegiatan penutupan pelatihan dilaksanakan di Ruang Prof. Sedyatmo, yang dihadiri oleh Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama & Usaha, Bapak Dr. Ir. Soetjipto Soewono, Dipl. GE dan ketua pelaksana kegiatan Bapak Syarif Hidayat, S.Si., MT. Dalam sambutan Bapak Soetjipto menyampaikan “Kami harap apa yang didapat dari sini dapat bermanfaat dan bisa dikembangkan di dalam ruang lingkup pekerjaanya, kemudian bisa lebih bagus dari para instruktur yang, lebih pintar dari yang mengajar. Terimakasih atas kepercayaan untuk belajar di ITPLN dan terimakasih juga kepada para instruktur yang telah bertugas” ujarnya dalam sambutan.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat yang diberikan secara simbolis oleh Bapak Soetjipto kepada perwakilan peserta pelatihan dari PT PJB, dan diakhiri dengan sesi foto bersama.

Semoga ilmu yang didapat bisa meningkatkan kompetensi di bidang Pembangkit Listrik Tenaga Surya serta bermanfaat dalam pekerjaan yang akan dilaksanakan oleh para peserta.

01-12-2021
REKTORAT