788 Mahasiswa Terbaik Siap Terjun Memberi Solusi Bagi Masyarakat

JAKARTA, 18 November 2021 – Institut Teknologi PLN (ITPLN) menggelar wisuda ke-39 untuk 788 mahasiswa dan mahasiswa jenjang magister, sarjana dan ahli madya secara hybrid baik online (dalam jaringan) maupun offline (luar jaringan) di Sasana Kriya Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Kamis (18/11).

Wisuda ke-39 ITPLN merupakan wisuda pertama yang dilakukan di Sasana Kriya setelah sebelumnya wisuda dilakukan secara daring dan terbatas karena pandemi Covid-19. Dari 788 wisudawan terdiri atas 165 wisudawan hadir dalam wisuda luring dan 623 hadir secara daring. Selain pimpinan dan civitas akademika ITPLN, acara wisuda juga dihadiri oleh Pengurus Yayasan Pendidikan dan Kesejahteraan (YPK) PLN Bapak Syamsurizal.

Wisuda kali ini menambah jumlah lulusan ITPLN menjadi lebih dari 9.500 orang dan juga sebagai wujud nyata persembahan lulusan terbaik ITPLN untuk membangun negeri yang sesuai dengan visi Internasional, Modern, Mandiri dan Unggul dengan core value Integritas, Terpercaya, Profesional, Luhur Budi dan Nasionalis.

Dalam sambutannya, Prof. Dr. Ir. Iwa Garniwa M K, MT (Rektor ITPLN) berpesan kepada lulusan untuk terus belajar dan meniti karir menuju kesuksesan. “Ilmu yang Anda dapatkan di kampus ini akan dilanjutkan untuk digunakan membantu masyarakat dalam pemecahan masalah dan tantangan yang ada ke depannya,” ujarnya saat memberikan sambutan Wisuda Ke-39 ITPLN, Kamis (18/11).

Pada Wisuda ini juga dihadiri oleh EVP Pengembangan Talenta PT PLN (Persero) Bapak Daru Tri Tjahjono untuk membacakan sambutan sebagai Perwakilan Direktur Utama PT PLN (Persero), dalam sambutannya disampaikan saat ini kita dihadapkan dengan perubahan Volatile, Uncertainty, Complex dan Ambiguity (VUCA) yang menjadi semangat PLN memperbaiki diri dan mengembangkan melalui semangat dan eksekusi strategis “Transformasi PLN” yang fokus pada 4 (empat) strategic objectives, yaitu Green, Lean, Innovative dan Customer Focus. Beliau juga berpesan “perkuat kompetensi, tunjukkan bahwa kalian adalah produk dari sebuah institusi yang terbaik, yang dapat memberikan kontribusi positif dalam kehidupan berbangsa dan bernegara” ujar .

Sebagai bukti keunggulan ITPLN, Prof. Iwa juga menyampaikan bahwa ITPLN mendapatkan peringkat ke-4 sebagai perguruan tinggi swasta (PTS) terbaik di Indonesia versi Times Higher Education kategori Impact Rankings 2021. Sementara itu, dari keseluruhan peringkat perguruan tinggi di Indonesia, ITPLN menempati urutan ke-17.

“Capaian ini merupakan buah kerja keras dari seluruh civitas akademika ITPLN dan harus diperjuangkan bersama agar pada 2024 ITPLN bisa meraih peringkat yang lebih baik di kelas dunia,” tuturnya.

Sebanyak 788 wisudawan yang mengikuti wisuda kali ini dengan rincian, S2 Teknik Elektro 3 wisudawan, S1 Teknik Elektro 259 wIsudawan, S1 Teknik Mesin, 68 wisudawan, S1 Teknik Sipil 86 wisudawan, S1 Teknik Informatika 241 wisudawan, D3 Teknologi Listrik 116 wisudawan, dan D3 Teknik Mesin 15 wisudawan.

Wisudawan terbaik adalah Ananda Rizky Utami dan Debi Haningsih dengan IPK 3,91 predikat kelulusan Cum Laude dengan pujian.

Selain itu, ITPLN melalui Bagian Layanan Karir dan Alumni (BLKA) juga meluncurkan sebuah platform untuk para lulusannya dalam mencari pekerjaan. Platform yang bertajuk KarirKu ini dapat diakses melalui karirku.itpln.ac.id. Para pengguna dapat mencari pekerjaan yang sesuai dengan bidangnya masing-masing dan juga mendapatkan informasi dan tips untuk pengembangan kemampuan dan karirnya.

“Selamat kepada para KsatriaPetir yang diwisuda, semoga sukses dan mendapat keberhasilan untuk usaha yang akan dijalani setelah lulus,” tegas Rektor ITPLN.

18-11-2021
REKTORAT