Peningkatan Kompetensi SDM ITPLN Gelar Pelatihan Kehumasan dan Jurnalistik

Jakarta, 10 November 2021 Institut Teknologi PLN menggelar acara Pelatihan Kehumasan dan Jurnalistik untuk para Tenaga Kependidikan (Tendik). Acara tersebut berlangsung di Ruang Teater Pembangkit Lt. 2 ITPLN dengan menerapkan protokol kesehatan, Rabu (10/11). 

Kehumasan memiliki peran untuk membangun citra dan reputasi positif Perguruan Tinggi, memelihara opini positif publik, menampung dan mengolah aspirasi masyarakat, mengklasifikasi dan menganalisis informasi, mensosialisasikan kebijakan dan program pemerintah atau institusi, guna membangun kepercayaan publik (public trust) dengan efektif dan efisien. Untuk mendukung hal tersebut  diperlukan dukungan sumber daya manusia (SDM) yang mengusai bidang manajemen kehumasan yang menjadi tujuan pelatihan kehumasan dan jurnalistik ITPLN.

Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari ini dari tanggal 10 – 11 November 2021 terdapat 3 (tiga) pembicara yang memberikan materi yaitu Ibu Dhita Widya Putri, S.I.Kom. Humas LLDIKTI III, M.Si., Bapak Saepudin Zuhri, S.Sos. Konsultan Public Relations, dan Bapak Sigit Nugroho, S.I.Kom., M.I.Kom Humas LLDIKTI III.

Kepala Seksi Humas dan Protokoler ITPLN Ibu Yozika Arvio, ST., M.Kom dalam sambutannya mengatakan bahwa pelatihan ini diperlukan untuk membantu membangun komunikasi serta penyampaian berita dari penulisan sampai pengemasan berita yang akan di sampaikan kepada publik, “dibutuhkan adanya sinergi dari seluruh Tendik sebagai penjembatan pemangku kepentingan pada masa new normal seperti saat ini untuk penyampaian informasi ke seluruh civitas akademika dan stake holder” imbuhnya.

Dalam acara tersebut, para peserta yang berjumlah 25 peserta dibekali ilmu kehumasan dan jurnalistik. Materi yang disampaikan berkaitan dengan bagaimana peran kehumasan di Perguruan Tinggi, pelayanan kepada public yang baik, strategi komunikasi Institusi, cara penulisan press release, strategi media relations, dan juga public speaking. 

Ibu Dwi, salah satu peserta mengatakan bahwa acara ini sangat memberi wawasan baru di dunia humas dan jurnalistik, “top deh, semoga ada lagi acara-acara seperti ini kedepannya.” Imbuhnya.

Terpilih Ibu Dwi Anggraini, Ibu Roswati dan Ibu Yeni sebagai peserta terbaik yang aktif dan memberikan kontribusi dalam acara pelatihan ini.

Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat dan diterapkan oleh para peserta khususnya di bagian kerja masing-masing dan diaplikasikan untuk kemajuan institusi secara umum.

14-11-2021
REKTORAT