Berkat IT PLN Desa Cilatak Kian Benderang

Dikutip dari Listrik Indonesia | 

Dahulu kondisi Desa Cilatak yang berada di Kecamatan Ciomas, Serang Banten sangat memperihatinkan, ketika malam tiba seketika suasana gelap mencekam. Mengetahui hal itu, Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) Institut Teknologi PLN/IT PLN berinisiatif memberikan penerangan berupa Lampu Penerangan Jalan Umum Berbasis Tenaga Surya (LPJUTS) yang terpasang di jalan desa tersebut.

Ketua Tim PkM IT PLN Andi Makkulau menceritakan, pada tahun 2018 tim segera melakukan survei dan pencatatan kebutuhan  juga menghitung kebutuhan lampu jalan di desa tersebut.  Setelah semua siap akhirnya tim berangkat menuju Desa Cilatak, sesampainya di sana tim disambut antusias warga setempat.

“Sampai di sana kita sosialisasi tentang lampu bertenaga surya serta bagaimana cara perawatannya kepada pemuda desa yang disaksikan perangkat desa setempat, kemudian dilakukan pemasangan lampu jalan di beberapa titik,” ujar Andi kepada Listrik Indonesia. Rabu, (20/1/2021).

Namun, lanjut Andi bercerita, karena keterbatasan pada tahun 2018,  tim IT PLN baru dapat memasang 5 titik di tempat  yang paling perlu dipasang. Usai pemasangan, tim melakukan pemeriksaan berkala untuk memastikan kembali lampu tersebut nyala dengan baik. Di tahun berikutnya tim menambah penerangan dan fasilitas lainnya di Desa Cilatak.

“Alhamdulillah selain lampu penerangan jalan umum berbasis tenaga surya kini Mushola di desa tersebut terpasang pompa air bertenaga Surya,” tuturnya.

Sesuai janjinya, pada awal tahun 2020 tim kembali ke Desa tersebut, dan lampu-lampu jalan masih dalam kondisi baik dan menambah sejumlah LPJUTS. Tak sampai di situ, LPJUTS dibuat lebih canggih di mana ada sensor gerak sehingga ketika ada yang melewati lampu tersebut, lampu akan menyala lebih terang dan itu meningkatkan umur lampu sehingga tidak mudah rusak.

“Kami bersyukur sebelum pandemi kami telah melakukan penambahan lampu penerangan jalan sehingga bisa bermanfaat bagi warga,” seperti yang dikatakan Kartika Tresya Mauriraya selaku penanggung jawab komunikasi.

Saat ini telah terpasang enam titik tambahan lampu penerangan jalan umum, yang salah satunya dipasang di tempat pengajian, sehingga anak - anak semakin semangat untuk belajar mengaji dan beraktivitas di sana. Andi Makkulau sebagai ketua tim PkM mengungkapkan rasa syukur dan harapannya Semoga kita bisa terus membina desa ini agar semakin benderang dan berteknologi tinggi bersama Institut Teknologi PLN. (Cr)

20-01-2021
REKTORAT