Wisuda ke-37 Institut Teknologi PLN

Untuk pertama kalinya, Institut Teknologi PLN menggelar wisuda blended paduan luring (offline) dan daring (online) pada Kamis, 11 Februari 2021. Setelah sebelumnya wisuda diadakan full secara daring. Situasi pandemic Covid-19 yang tak kunjung reda membuat wisuda kali ini tidak bisa digelar secara luring seperti biasa.

Tapi dengan wisuda yang dilakukan secara daring dan luring ini tidak menyurutkan semangat para wisudawan dan wisudawati untuk mengikuti acara wisuda. Pada wisuda ke-37, Institut Teknologi PLN meluluskan sebanyak 780 Mahasiswa & Mahasiswi dengan rincian sebagai berikut: S2 Teknik Elektro 4, S1 Teknik Elektro 236, S1 Teknik Mesin 63, S1 Teknik Sipil 94, S1 Teknik Informatika 227, D3 Teknik Elektro 125 dan D3 Teknik Mesin 31.

Dalam sambutannya Rektor IT-PLN Prof. Dr. Ir. Iwa Garniwa M K, MT mengatakan meskipun prosesi wisuda kali ini tidak bertatap muka secara langsung, semoga tidak mengurangi nilai dan kekhidmatan prosesi wisuda serta niat tulus kita untuk memberikan penghargaan dan ungkapan kegembiraan atas pencapaian keilmuan para wisudawan. 

Prof. Iwa juga menyampaikan bahwa dengan bertransformasinya IT-PLN dan untuk meningkatkan kompetensi maka akan dibuka berbagai bidang ilmu baru yaitu: Program Sarjana Teknik Tenaga Listrik, Teknik Sistem Energi, Teknik Industri, Kewirausahaan (Bisnis Energi), Rekayasa Sistem Komputer, Sistem Informasi, Teknik Lingkungan dan Geografi (Perencanaan Wilayah).

Dalam acara tersebut juga ada acara spesial yang sebelumnya belum pernah dilakukan, yaitu pemberian penghargaan kepada Dosen, Tenaga Kependidikan, dan Mahasiswa terbaik. “Dengan adanya pemberian penghargaan ini, diharapkan para Civitas Akademika IT-PLN semakin semangat untuk mengembangkan potensi diri dan berubah menjadi semakin baik.” Ungkap Ibu Nurmiati Pasra, ST., MT selaku Wakil Rektor III dan juga ketua pemberian penghargaan kepada Civitas Akademika IT-PLN.

Direktur Utama PT PLN (Persero), Bpk Zulkifli Zaini juga berkesempatan memberikan sambutan. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa para lulusan IT-PLN jangan pernah berhenti belajar dan terus meningkatkan kompetensi diri, karena kompetensi tersebut merupakan bekal dalam kehidupan kedepannya.

Prof. Dr. Agus Setyo Budi, M.Sc sebagai Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III dalam sambutannya menyampaikan hampir semua Perguruan Tinggi di Lingkungan LLDIKTI Wilayah III dapat beradaptasi dalam hal pembelajaran dengan bantuan teknologi. dalam aspek penelitian dan pengabdian pada masyarakat ada begitu banyak inovasi yang dihasilkan serta kontribusi dari relawan Covid-19.

Wisuda kali ini juga dihadiri oleh Ibu Syofvi Felienty Roekman, Dir.HCM PT PLN (Persero); Ketua Umum YPK PLN Bapak Supriyadi; Prof. Dr. Adiwijaya, Ketua Aliansi Perguruan Tinggi (APERTI) BUMN dan juga sebagai Rektor Telkom University; Ibu Ir. Rachmawati Wangsaputra, MT., Ph.D, Ketua STIMLOG; Dr. Tri Arief Sardjono, ST., MT, Rektor ITTS.

Acara Wisuda ditutup dengan hiburan berupa lagu yang dibawakan oleh para Dosen dari masing-masing jurusan dan juga pertunjukan music secara langsung oleh Vhiendy Savella Inneke Putri Mahasiswi IT-PLN dari Fakultas Telematika Energi.

11-02-2021
REKTORAT