PENANDATANGANAN NOTA KESEPAHAMAN DENGAN PT PLN (PERSERO) PUSDIKLAT

Setelah beberapa hari yang lalu dilakukan penandatanganan Nota Kesepahaman dengan PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangkitan Sumatera Bagian Utara (UIK SBU), pada hari Senin, 14 September 2020 Institut Teknologi PLN (IT-PLN) menandatangani Nota Kesepahaman (NK) dengan Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) PT PLN (Persero).

Seremoni penandatanganan ini dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Zoom, acara tersebut dihadiri oleh General Manager Pusdiklat PLN Bapak Ir. Badrul Musthafa, M.M; DIRHCM PLN yang diwakili oleh EVP Pengembangan Talenta Bapak Daru Tri Tjahjono; Ketua Umum Yayasan Pendidikan dan Kesejahteraan PLN (YPK-PLN) Bapak  Ir. Supriyadi; Ir.Djoko Paryoto dan jajaran YPK PLN, Manajer dan Senior Manajer di lingkungan PT.PLN (Persero),  Rektor Institut Teknologi -PLN Prof. Dr. Ir. Iwa Garniwa M K, MT; Para Wakil Rektor, Para Manajer Bagian Terkait, dan Dekan Fakultas di IT-PLN.

Nota Kesepahaman ini memiliki maksud dan tujuan yaitu untuk memanfaatkan kemampuan, pengalaman, sumber daya yang dimiliki oleh IT-PLN dan PT PLN untuk kepentingan bersama terkait penyelenggaraan program Pendidikan dan Pembelajaran, dan membangun sinergi antara kedua belah pihak untuk pengembangan pembelajaran. Sementara itu ruang lingkupnya terdiri dari kerja sama dalam bidang penelitian, kursus/pelatihan, meliputi webinar, pengembangan Artificial Intelligence, Pengembangan Virtual Learning, Sertifikasi, pertukaran pengajar / instruktur/ asesor, dan penulisan karya ilmiah.

Dalam sambutannya GM PT PLN Pusdiklat Bapak Badrul menyampaikan bahwa tantangan kedepannya tidak semakin mudah, maka dari itu diperlukan berbagai upaya perlu dilakukan untuk bisa mengatasi tantangan di era industry 4.0 dan kondisi new normal ini. PLN Corporate University merupakan salah satu alat strategik perusahaan dalam mengintegrasikan sumber daya pembelajaran yang memungkinkan terwujudnya kinerja terbaik dengan terus meningkatkan keterampilan, pengetahuan dan perilaku dalam ekosistem bisnis. Penandatanganan Nita Kesepahaman ini merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan visi dan misi PLN Corporate University. Dengan adanya kerja sama ini, diharapkan dapat mengoptimalkan keunggulan sumber daya dari masing-masing pihak sehingga kualitas pembelajaran dapat semakin meningkat dan dapat mendorong peningkatan kompetensi dan kualitas tenaga kerja di sektor ketenagalistrikan.

Sementara itu Rektor IT-PLN, Prof. Iwa Garniwa dalam sambutannya menyampaikan harapannya dengan ada kerja sama ini dapat meningkatkan skill dan kemampuan SDM bukan hanya dalam teori tapi juga pada praktiknya di bidang ketenagalistrikan. Dan diharapkan dapat melahirkan SDM yang memiliki jiwa akademisi dan juga jiwa praktek di lapangan. Kemudian beliau juga menyampaikan bahwa fakultas-fakultas yang ada di IT-PLN  dapat melengkapi atau memenuhi kebutuhan SDM yang ada di PT PLN.

Sedangkan sambutan Direktur Human Capital and Management PT PLN yang diwakili oleh Bapak Daru mengatakan bahwa dengan adanya penandatanganan Nota Kesepahaman ini diharapkan dapat menjawab dalam penyiapan kebutuhan SDM dan memberikan kontribusi yang positif bagi kedua belah pihak dalam meningkatkan kompetensi dan kualitas SDM PT PLN dan Civitas Akademika IT-PLN.

14-09-2020
REKTORAT