S2 Magister Teknik Elektro

VISI & MISI PROGRAM STUDI MAGISTER TEKNIK ELEKTRO

 

Visi :

Menjadi penyelenggara pendidikan tinggi yang unggul pada riset terapan dibidang Teknologi, Ekonomi dan Kebijakan Ketenagalistrikan beserta Energi Pendukungnya.

Misi :

1. Menyelenggarakan Pendidikan tinggi di bidang Ketenagalistrikan beserta Energi Pendukungnya dengan memiliki integritas, profesionalisme, dan kompetensi untuk kebutuhan pembangunan dan pengembangan energy ketenaga listrikan nasional. 

2. Menciptakan atmosfer penelitian yang kondusif dan mendukung terciptanya hasil-hasil penelitian yang dipublikasikan secara nasional dan internasional.

3. Mengembangkan, Menyebarluaskan dan mengaplikasikan keilmuan Ketenagalistrikan beserta energy pendukungnya untuk memecahkan persoalan yang berkembang pada bidang Energi dan Ketenagalistrikan.

 

Profil Lulusan

Seluruh Lulusan Konsentrasi Program Magister Teknik Elektro ini memiliki kemampuan sbb :

1. Berintegritas dan berkontribusi terhadap keilmuannya dan mempunyai kemampuan kecerdasan emosional serta mampu mengkomunikasikan ilmu yang diperoleh.

2. Memiliki kemampuan dalam pengembangan dan penerapan strategi untuk mengatasi masalah dibidang Teknik Elektro dari berbagai aspek keteknikan, ekonomi, lingkungan dan regulasi (kebijakan).

3. Memperkuat kemampuan untuk bekerja di lingkungan yang multikultural dan internasional.

4. Dapat mengembangkan pendekatan yang menyeluruh dan praktis untuk masalah-masalah manajerial dan sumber daya yang terkait dengan industry Teknik Elektro.

5. Menjadi pemimpin Teknik Elektro masa depan yang dilengkapi dengan keterampilan utama untuk mengelola transisi Teknik Elektro serta mampu mengatasi tantangan yang terkait dengan masa depan Teknik Elektro.

 

Program Aplikasi Computer

Program Aplikasi Computer bagi mahasiswa Program Magister  Institut Teknologi PLN diantaranya programan aplikasi analisis ketenagalistrikan Dig Silent, ETAP, program model system dinamik dan simulasi Powersim, Pemograman komputasi numerik dan simulasi MatLab, program optimasi desain system pembangkit istrik tersebar Homer dll.

 

Konsentrasi/Peminatan

Program Magister Teknik ElektroInstitutTeknologi PLN memilikitiga (3) bidangkonsentrasi  yangterdiridari:

1. TEKNIK KETENAGALISTRIKAN

2. EKONOMI DAN BISNIS KETENAGALISTRIKAN

3. ENERGI TERBARUKAN DAN SISTEM JARINGAN CERDAS

 

1. TEKNIK ENERGI KETENAGALISTRIKAN

Konsentrasi ini menyiapkan lulusan yang memiliki kemampuan sebagai berikut;

1. Memahami esensi system ketenagalistrikan serta energy pendukungnya meliputi efisiensi, keandalan dan kualitas penyediaan tenaga listrik.

2. Mengembangkan pengetahuan yang mendalam tentang Teknologi pada Sistem Ketenagalistrikan dan Energi Pendukungnya serta mampu memadukan pembangkit listrik energy baru dan terbarukan dengan sistem jaringan listrik.

3. Mengembangkan dan menerapkan strategi untuk mengatasi masalah setiap tantangan yang terkait dengan Ketenagalistrikan termasuk energi pendukungnya, dari berbagai aspek keteknikan, ekonomi, lingkungan dan regulasi (kebijakan).

4. Menganalisis dan membuat optimalisasi serta mampu membuat rekomendasi terhadap masalah ketenagalistrikan dan energy pendukungnya baik aspek teknis dan non-teknis.

5. Merancang strategi dan mitigasi resiko pada pengembangan system tenaga listrik yang handal, aman, dan ramahlingkungan.

 

2. EKONOMI DAN BISNIS KETENAGALISTRIKAN

Konsentrasi ini menyiapkan lulusan yang memiliki kemampuan sebagai berikut :

1. Memahami perkembangan teknologi ketenagalistrikan dalam kaitannya dengan efisiensi, keandalan dan kualitas penyediaan tenaga listrik.

2. Memahami Lingkungan bisnis, konsep ekonomi dan teknologi dibidang Ketenagalistrikan dan energi pendukungnya termasuk mata rantai bisnisnya dari hulu (energi primer) sampai hilir(pelanggan).

3. Memahami perkembangan pasar ketenagalistrikan di dunia, dan Indonesia, baik pasar yang diatur (regulated market) maupun pasar bebas (free market),dan perundang-undangan ketenagalistrikan, baik di dunia maupun di Indonesia.

4. Merumuskan aspek manajemen, keekonomian dan bisnis pada system pembangkitan, system transmisi, system distribusi dan Pengguna energy ketenagalistrikan berbasis lingkungan.

5. Membuat dan mengembangkan konsep biaya dalam kalkulasi keekonomian biaya pokok ketenagalistrikan dan Energi pendukungnya termasuk analisis finansial, ekonomi dan analisis risiko yang diperlukan dalam keputusan bisnis ketenagalistrikan dan Energi Pendukungnya.

6. Merekomendasikan strategi ekonomi, manajerial dan kebijakan untuk peningkatan efisiensi, mutu, dan kualitas daya pada sistem ketenagalistrikan dan energi pendukungnya.

 

3. ENERGI TERBARUKAN DAN SISTEM JARINGAN CERDAS

Konsentrasi ini menyiapkan lulusan yang memiliki kemampuan sebagai berikut :

1. Memahami esensi energy baru dan terbarukan termasuk teknologi, Lingkungan bisnis, konsep ekonomi dan industrinya.

2. Mengembangkan pengetahuan yang mendalam dibidang energy baru terbarukan, termasuk teknologi, Lingkungan bisnis, konsep ekonomi dan industrinya. Sehingga Mampu merancang system secara komprehensif melalui prinsip keilmuan energy baru terbarukan termasuk prosedur serta strateginya.

3. Memahami keunggulan dan kekurangan energy terbarukan dibanding energi fosil, dan merekomendasikan solusi untuk meningkatkan kontribusi energi terbarukan.

4. Mampu merekomendasikan strategi dan teknologi untuk peningkatan kualitas Sistem Pengaturan dan kendali cerdas layanan system penyaluran energy listrik dari energy baru terbarukan.

5. Mengembangkan energi cerdas yang berorientasi  pada pengembangan system otomatisasi cerdas pada pembangkitan, penyaluran dan pengguna tenaga listrik.

6. Mengembangkan energi baru dan terbarukan pada sistem yang terintegrasi baik masuk kedalam grid maupun yang mandiri.

 

SUMBER DAYA MANUSIA

1. KETUA PROGRAM STUDI

Dr. Dhami Johar Damiri, M.Si

 

2. PENGAJAR TETAP

1.     Prof. Dr. Ir. Iwa Garniwa Mulyana K, MT

2.     Dr. Soetjipto Soewono, Ir, Dipl.GE

3.     Dr. Supriadi Legino, MM, Ir

4.     Dr. Zainal Arifin, MM,Ir

5.     Ridha Yaser, PhD,MSc

6.     Made Indradjadja Marcus Bruner, PhD, MT,Ir

7.     Dr. Henry Pariaman, ST, MT

8.     Hakimul Batih, PhD, ST, MT

9.     Martin Choirul Fatah, PhD, ST,MT

10.  Dr. Musa Partahi Marbun, ST,MT

 

3. PENGAJAR PRAKTISI

1.      Prof. Ir. Rinaldy Dalimi, M.Sc., PhD

2.      Prof. Dr. Aminullah Assagaf, SE, MS, MM, M.Ak

3.      Dr. Ir. Djuanda Nugraha Ibrahim, MM

4.      Ir. Djoko Rahardjo Abumanan M.Sc.

5.      Dr.Ir. Herman Darnel Ibrahim,M.Sc, IPU 

6.      Dr. Ir. M. Said Didu, M.Eng

7.      Dr. Ir. Sumanggar Milton Pakpahan,MM,CERG

8.      Ir. Eddy Widiono M.Sc.

9.      Dr. Ir. Ali Herman, MM

10.    Ir. Moch Harry Jaya Pahlawan GKN, Dipl.Ec,MSc,QIA,IPU

11.    Ir. SupangkatIwan Santoso, MT

12.    Dr. Ir. Hj. SripeniInten Cahyani, MM

13.    Dr. Ir. H. M Ahsin Sidqi, MM

14.    Ir. Iwan Agung Firstantara, MM 

15.    Dr. Ir. Andhika

 

Jadwal Perkuliahan

Perkuliahan diselenggarakan di Kampus Pascasarjana Institut Teknologi PLN, Lebak Bulus setiap hari kerja (Selasa - Jumat) jam 17.00 sampai dengan 22.00 dan  hari sabtu mulai pukul 08.00 sampai dengan 18.00.

Lokasi Kampus yang strategis di Jalan Lebak Bulus Tengah No. 5, RT 02/RW 04, Cilandak Baru, Kecamatan Cilandak Jakarta Selatan 12430

 

12-11-2020
FKET