PENANDATANGANAN KERJA SAMA ANTARA ITPLN DENGAN KABUPATEN GOWA DAN UNIVERSITAS SULAWESI BARAT

Dalam dunia pendidikan, kerja sama antara instansi pendidikan dan juga pemerintahan sangatlah penting. Untuk memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi, Institut Teknologi PLN telah menandatangani Nota Kesepahaman dan MoU dengan Universitas Sulawesi Barat dan juga Pemerintah Kabupaten Gowa, acara penandatanganan tersebut berlangsung pada Kamis, 30 Juni 2022 di Ruang Pembangkit lantai 2 ITPLN.

Kerja sama tersebut membahas tentang Penyelenggaraan Pendidikan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat, Pengembangan Sumber Daya Manusia, dan Sumber Daya Institusi. Nota Kesepahaman ini akan dikembangkan dikemudian hari untuk kerja sama - kerja sama antar Sivitas Akademika Kampus ataupun pemberian beasiswa bagi putra – putri dari Kabupaten Gowa. Acara tersebut dihadiri oleh Rektor ITPLN Prof. Dr. Ir. Iwa Garniwa M K, MT beserta jajarannya, Kepala Bidang (KABID) PTK dinas Pendidikan kab. Gowa Bapak Syarifuddin, S.Pd., M.Pd beserta jajarannya, dan Rektor Universitas Sulawesi Barat Dr. Ir. H. Akhsan Djalaluddin, MS beserta jajarannya.

Dalam sambutannya, Prof. Iwa menyampaikan bahwa salah satu tantangan terbesar saat ini adalah dalam bidang pengembangan Sumber Daya Manusia yang unggul untuk berkompetisi untuk kemajuan bangsa di kancah Internasional. “Salah satu cara untuk Pengembangan Sumber Daya yang terampil bisa diraih dengan kolaborasi antar institusi baik Akademik maupun Pemerintahan, dengan adanya kerja sama ini kita dapat mengembangkan solusi-solusi untuk kemajuan Bangsa Indonesia.” ujar Prof. Iwa dalam sambutannya.

Sementara itu, Bapak Syarifuddin menyampaikan bahwa komitmen Pemerintah Kabupaten Gowa untuk mendukung Pendidikan putra – putri terbaik Gowa telah direalisasikan sejak 2015 di berbagai kampus di Indonesia, dan beliau juga mengapresiasi dan mempercayakan ITPLN sebagai institusi tempat belajarnya penerima beasiswa tersebut. “Pada tahapan kedua dari program beasiswa ini, ITPLN dipercaya oleh Bupati Gowa untuk membina putra-putri terbaik penerima beasiswa dari Kabupaten Gowa. Selain itu juga dengan adanya kerja sama ini, ITPLN diharapkan dapat membantu pengembangan SDM Kabupaten Gowa.” ucap Bapak Syarifuddin.

Rektor Universitas Sulawesi Barat, Bapak Dr. Akhsan menyampaikan harapannya bahwa dengan adanya kerja sama ini dapat membuka kerjasama-kerjasama baru antar sesama institusi, “Semoga dengan adanya kerja sama ini, kita semua dapat saling berkolaborasi dalam dunia pendidikan untuk pengembangan ilmu pengetahuan.” ujar Bapak Dr. Akhsan.

Acara dilanjutkan dengan kunjungan oleh Ibu Nurul Marsita dari Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa dan Ibu Amalia selaku Ketua Program Studi Teknik Sipil Universitas Sulawesi Barat didampingi oleh Bapak Abdul Rokhman, ST., M.Eng Dekan FTIK ke beberapa Laboratorium yang ada di ITPLN seperti PLTS, WTEC, Mekanika Tanah , HIDROLIKA, Beton, PLTU Mini, dan Gasifikasi.

Semoga dengan adanya kerja sama ini, SDM di Indonesia semakin maju demi kemakmuran bangsa.

30-06-2022
REKTORAT