PENJAJAKAN KERJA SAMA INTERNASIONAL ITPLN DENGAN KOOKMIN UNIVERSITY SEOUL DAN INDUSTRI

Rektor Institut Teknologi PLN, Prof. Dr. Ir. Iwa Garniwa M K, MT berkesempatan untuk melakukan penjajakan Kerjasama Internasional dengan Perguruan Tinggi dan Industri di Seoul, Korea. Dalam kunjungan nya ke Korea pada tanggal 16 dan 21 Juni 2022, Prof Iwa menjajaki Kerjasama tersebut ke Kookmin University di Seoul, Korea dan dilanjutkan dengan kunjungan ke beberapa perusahaan industri. 

Diskusi dengan Kookmin University terkait penjajakan kerjasama antar kedua belah pihak dalam rangka joint research antar Sivitas Akademika, student mobility, kerjasama double degree dan wacana program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Kookmin University. Adapun diskusi kerjasama ini dihadiri oleh Prof. Dr. Ir. Iwa Garniwa Mulyana K., MT selaku Rektor ITPLN, Prof. Lee Hyunjin dari school of mechanical engineering dan Prof. Yeong Min Jang dari school of electrical engineering Kookmin University. Dalam penjajakan kerjasama ini, menghasilkan beberapa poin sebagai berikut : 

1. Staff Mobility yaitu dosen dari ITPLN maupun Koomin University dapat melaksakan visiting research untuk kebutuhan penelitian bersama
2. Student Mobility yaitu Mahasiswa ITPLN dapat melaksanakan winter atau summer study selama 2 - 3 minggu di Kookmin University .
3. Prof. Lee Hyunjin dan Prof. Yeong Min Jang dari Kookmin University sepakat untuk menjadi steering comitee dalam conference international yang akan diadakan ITPLN.
4. Mengadakan joint research  antar Sivitas Akademika.
5. Kolaborasi invite speaker atau guest lecturer.

Selanjutnya dibahas pula kemungkinan kerjasama untuk double degree dan kedepannya mahasiswa ITPLN bisa mengambil mata kuliah di Kookmin University dalam program MBKM. Lebih lengkapnya kerjasama tersebut akan dibahas oleh bagian Kerjasama dari masing-masing Perguruan Tinggi. 

Setelah melakukan diskusi kerjasama dengan Kookmin University, dilanjutkan dengan melakukan kunjugan ke Perusahaan Deesys Co., Ltd dan JS Tech Co., Ltd terkait instrumentasi dan smart meter, kemudian kunjungan ke Benodi Electro – Bike & Scooter terkait pengembangan motor listrik dan ke Necpower Co., Ltd tentang pengembangan waste to energy

Dari kunjungan tersebut menghasilkan kesepakatan untuk pengembangan testing center electrical vehicle di ITPLN dan pengembangan fitur smart meter yang disesuaikan dengan kebutuhan Indonesia. 

Kerja sama ini merupakan wujud dari usaha ITPLN untuk memenuhi visi menjadi Perguruan Tinggi yang berkelas internasional, modern, mandiri, dan unggul di bidang energi dan teknologi yang berwawasan lingkungan. Semoga dengan dilaksanakanya penjajakan kerjasama ini, dapat mendongkrak kampus ITPLN menjadi perguruan tinggi yang berkelas internasional.

30-06-2022
REKTORAT