WEBINAR MASA DEPAN RISET DAN INOVASI UNTUK INDONESIA MAJU

Jakarta, Selasa, 12 Januari 2022. APERTI BUMN menyelenggarakan Webinar Aperti BUMN dengan Tema “MASA DEPAN RISET DAN INOVASI UNTUK INDONESIA MAJU” melalui Zoom Meeting. Acara dimulai pada pukul 08.00 – 09.00 WIB yang dihadiri oleh Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional, Pimpinan Perguruan Tinggi yang tergabung dalam Aliansi Perguruan Tinggi (APERTI) BUMN, sivitas akademika dari berbagai universitas.

Dalam sambutannya, Prof. Dr. Ir. Iwa Garniwa M K, MT menyampaikan untuk menyambut perkembangan teknologi dan menjawab kebutuhan PT PLN (Persero), ITPLN berfokus pada riset dalam bidang energi dan ketenagalistrikan seperti misalnya co-firing atau biomass, “ITPLN juga bekerja sama dengan pihak Slovakia untuk pengembangan hydrogen dan fuel cell.” Ucap Prof. Iwa dalam sambutannya.

Acara dilanjut dengan pemaparan pemateri oleh  Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional Dr. L.T Handoko yang dipandu oleh Moderator Dr. Kemas Muslim L. Materi yang beliau sampaikan berfokus dalam usaha menumbuhkan riset-riset, baik pemerintah maupun non pemerintahan agar bisa kita implementasikan secara langsung. Kemudian disinggung pula tentang strategi – strategi dalam mengupayakan solusi bagi permasalahan yang ada, salah satunya adalah melalui regulasi, open platform, mobilitas riset, dan skema fasilitas untuk menopang segala kebutuhan riset di Indonesia.

Kesimpulan yang dapat diambil dalam pertemuan tersebut ialah, bahwasannya di negara maju dukungan swasta lebih besar ketimbang pemerintah dalam mendukung kebutuhan riset, dengan adanya permasalahan tersebut BRIN hadir membangun regulasi agar pihak yang belum terlibat dapat ikut terlibat besar untuk menciptakan iklim riset. Dukugan penuh di berikan BRIN kepada banyak talenta penelitian dengan segala skema yang sudah disiapkan agar penelitian bagus dapat tercipta oleh tangan tangan anak bangsa.

13-01-2022
REKTORAT